Nope nope... I dont think so.
Ini yang bikin gw frustrated... terlalu banyak birokrasi di Java... Dah
bertahun2 mereka ngomongin closure dan extension method, mo dimasukin ke
java7, walopun dah terlambat dibanding bahasa2 laen, tapi nevertheless tetep
bikin gw excited, tau2 tetep ajah didrop juga. How frustrating. Ini nih
susahnya platform yang didevelop oleh demokratic culture. Terlalu banyak
ributnya, tapi gak ada hasilnya. Sejak java 1.5 sampe sekarang, java
language sama sekali gak ada improvement ato fitur baru apapun, no matter
how small.
Bahkan katanya, on their current pace, its very unlikely java bisa achieve
Linq sebelom 2013.. karna buat achieve linq masih banyak language abilities
yg mesti mereka achieve dulu:
- Closure
- Extension method
- Expression tree
- Property
- Anonymous class
- Type inference
- Object initializer & collection initializer
- True generics
- Dynamic (buat Linq ke NoSql database)

Java7 dah bertekad buat achieve 2 features pertama, yang akhirnya ternyata
last minute malah fall through! Oh cmon, seriously people!?  Padahal C# dah
support semuanya sejak generasi lalu, lebih dari 2 taon silam! Which is a
long time in IT term.

Java punya great JVM, great tools & libraries, great community, tapi
languagenya, argh, bikin geregetan! Yang sering gonta-ganti bahasa, tiap
balik ke java selalu depresi banget. The worst part adalah gak ada tanda2
java even berusaha bikin any improvement apa2. Kadang banyak yg gak sadar
betapa dahsyatnya keterbelakangan language java, ngeliat keluar jendela ke
languages2 laen di luar sana. Dah urgent banget buat java wake up today dan
start improving, otherwise dah bakal punah. (Walopun entah berapa juta orang
dah teriak2 the same thing selama bertahun2).

Scala looks promising, walopun masih second-class citizen, tapi cepet
improvenya. Mereka dah support beberapa features di atas: Closure,
Extension-Method (traits), Type-Inference, Property (kind of), dan bahkan
ada experimental support buat Expression-Tree (pake open-source compiler
plugin). In fact malah dah ada yang experiment bikin prototype buat Linq di
scala.
Tapi is it only me yang mikir languagenya scala kok nyeleneh banget sih. Gw
lebih prefer syntaxnya Groovy (masih logat java/c family), sayang mandek,
gak berkembang. Dan features2 di scala rada2 akademis daripada practical,
misalnya continuation.. massive wtf. Apart from that, it's a nice language,
walopun being second-class citizen, sering susah convince project buat pake
scala sebagai core-language.

Ah well..

2010/8/3 Deny Prasetyo <jas...@gmail.com>

> Ujung2nya JVM juga ya. berarti Java juga :D.
> Denger2 Java SE 7 bakalan lebih di perbagus untuk support dinamic language.
>
> Nah nanti ujung2nya. Banyak bahasa yang bisa jalan di JVM dan bahasa2
> populer akan di porting ke JVM.
> Sudah ada 2 contohnya yaitu Ruby (jadi JRuby) dan Python (Jython). Dan
> masih di tunggu yang PHP yang lebih baik (mungkin jadi JPHP atau apa :D)
> karena kmarin ada project yang porting PHP ke JVM kayaknya nggak diteruskan.
>
> Tapi kalau yang dicari pengganti Core System yang lebih baik dari java
> [...]

Kirim email ke