Tulisan/pendapat pak wandy menggugah hasrat keingin-tahuan saya untuk lebih banyak mendapat wawasan ilmu, yang mana pak wandy berpendapat seperti ini :
Di dalam buku Fikih lengkap karangan H. Sulaiman Rasjid yang bermadzhab syafi'I disebutkan bahwa qunut subuh hukumnya adalah sunnah muakkad, yg jika terlupa mengerjakannya maka harus diganti dengan sujud sahwi. Tapi beliau juga mengatakan bahwa berdasarkan penelitian sebagian ulama, hadits yg dijadikan sandaran dalam melaksanakan qunut subuh adalah hadits dho'if. Yang disyari'atkan hanya qunut nazilah yang disunatkan dibaca pada sekalian shalat lima waktu jika menghadapi masalah tertentu yg menimpa umat Islam. Dengan Hadits ini pula maka hadits qunut yg dhoif menjadi mungkar karena bertentangan dengan hadits yg shahih. Hadits yg shahih dari Anas berbunyi sbb: "Sesungguhnya Rasulullah saw telah membaca qunut satu bulan lamanya, beliau mendoakan sebagian golongan masyarakat arab kemudian beliau hentikan" (HR Muslim, Ahmad, Nasa'I, dan Ibnu Majah).

Dari pernyataan itu saya ingin mengetahui lebih lanjut dari penghuni milis KI untuk bisa memberikan jawaban atas pertanyaan saya :
1. Bagaimanakah bunyi hadits tentang qunut subuh yang dianggap dhoif tsb, dan siapakah yang men-dhoifkannya, apakah ada ulama yang men-shohihkannya ?
2. Dari hadits yang disebutkan diatas bahwa Rosulullah saw qunut selama sebulan dan setelah itu dihentikan, maka dengan landasan hadits tsb kapankah qunut yang dilakukan oleh Rosulullah saw ? pada setiap sholat fardhu atau sholat sunnah ? setelah dihentikan apakah melakukan qunut juga dilarang ?
3. Bila masih dibolehkan qunut apakah harus pada setiap waktu sholat fardhu ?

Saya pribadi masih melakukan qunut pada sholat subuh saja, dan bacaannya mengikuti yang diajarkan oleh guru saya, sama seperti didaerah lainnya.

Demikianlah petanyaan dan pernyataan yang saya sampaikan, dan kepada penghuni milis KI yang mau memberi jawabannya saya ucapkan jazakalloh khoiron katsiron.

wassalam
iwan

Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke