Kang arland sudah menulis keuniversalan islam, kemaha luasan islam dan
kelenturan islam sesungguhnya dalam berbagai aspek,

nah untuk menerangkan secara lebih detail maka perlu diklasifikasi
kedalam bagian-bagian tertentu agar lebih mudah orang
mempelajarinya,dan mendalaminya secara lebih jauh dengan tujuan utama
membuktikan kebenaran islam itu sendiri,melalu berbeagai cabang tadi

misalnya begini :
"Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan
gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan
seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka "

dahulu kala,jaman buyut saya naik kuda, Ayat dari gusti Alloh itu
hanya bisa jadi sekedar makna tentang keadaan hari kiamat saja, begitu
adanya yo wis nrimo,,,, lalu orang yang mengkhususkan diri kedalam
Ilmu Bumi bisa menemukan bahwa memang "gunung-gunung itu diperjalankan"
ternyata dari bukti otentik setiap tahun terjadi pergeseran sebesar
sekian,,,dan gunung A ternyata sekian ratus tahun lalu berasal dari
daerah B yang jaraknya sekian dan sekian,[detailnya lupa,maklum dari
kampung], secara tidak sadar ilmuwan ini telah membuktikan keotentikan
 Al qur'an dan bukan bikinan manusia biasa yang disampaikan oleh nabi
yang Ummi,sehingga bisa terbukti 1400 tahun kemudian,,,,opo ora
hueebat coba,

lalu misalnya ada suatu ayat
" Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam
sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun."

kan waktu nenek saya masih suka nyeupah,,ayat ini cuma dibaca saja
sekilas dan cukup diimani sebagai dasar jauhnya perjalanan, tapi
seorang fahmi basra yang hobby matematika bisa mengejawantahkannya
dengan menghasilkan suatu konstanta kecepatan cahaya itu berdasarkan
ayat ini,,,! bayangkan kanjeng rasul nan tercinta sudah mengucapkannya
 ratusan tahun lalu, dan baru terbukti jaman kiwari

atau keajaiban angka 19 didalam Al qur'an,,,Astagfirullah,kalau bukan
karena orang -orang tertentu yang mempelajari matematika mana mungkin
bisa terbukti keajaiban kitab suci kita ini,,

atau ilmu ullumul hadist yang bertujuan mengklasifikasi masalah -
masalah hadist kan juga mengkhususkan diri membahas masalah perhadisan
sampai ngelotok dan sampai membuka sejarah-sejarah orang lain untuk
menyaring mana hadist sahih dan bukan, walaupun kadang suka
bersinggungan akhirnya, tapi tetap harus diklasifikasi dan menjadi
cabang ilmu dari bagian agama islam,apa ini juga mau ditolak dan
disatukan ?

ushuludin juga demikian,ilmu tajwid juga demikian, ilmu fiqih ,jadi
klasifikasi itu perlu selama bertujuan demi kebaikan dan sesuai dengan
koridor yang ditetapkan,

soalnya akan kesulitan kalau saya bilang
"ingin belajar ilmu islam"
"belajar apa ?"
"itu lho belajar yang ngeliat bintang"
"oooh,,,ilmu bintang itu,ya,,"
"iya,,,ilmu bintang islam pokonya "

kan berabe euy,,,ilmu  islam bintang yang mempelajari bintang

yang kadang kita sedikit bingung itu adalah suatu ilmu yang tidak kita
ketahui/ mengerti biasanya kita katakan itu abnormal apabila keluar
dari pakem umum yang kita sudah kita mengerti,padahal belum tentu ilmu
itu tidak ada,atau padahal karena kita belum mengerti he,,he,,he

kalau pengajar tasawuf lebih banyak mengatakan "ilmu kalian belum
sampai " lalu keterangan tentang ilmu itu disampaikan kepada khalayak
umum namanya pencuri kang ari

di kalangan orang tasawuf bahkan membuka hati orang lain , dan
rahasianya lalu diucapkan saja tidak diperbolehkan ,karena dianggap
mendahului kehendak gusti Alloh, apa yang tertutup tidak boleh
disingkapkan selain kepada yang berhak karena akan menimbulkan
fitnah,akibat ketidak mengertian yang bersangkutan

seperti saya bilang kita lihat tasawuf yang umum-umum saja, yang
permasalahannya mengena kepada umat dan lingkungan sekitar , khususon
kepada diri sendiri,hati -hati terpeleset

slurrrrp,,,,ahhhh !!

wassalam
KnC

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ari Dino <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Kalau pakai Islam saja, kan jadinya satu golongan, ngga seperti
> sekarang ini ada aliran ini dan aliran itu, padaha Islam nya satu.
> Apa sih susahnya jika kita klaim semua ajaran yang dianut umat Islam
> ini dengan hanya satu sebutan "Ajaran Islam" dan membuang nama nama
> lainya yang banyak di jadikan dan dipergunakan untuk kesesatan.
>
> Kok yaa banyak sekali akhirnya golongan golongan ini kemudian belok
> dan menapaki jalanya sendiri keluar dari jalan yang lurus. Kesesatan
> golongan golongan ini akhirnya dijadikan dan membawa perpecahan umat
Islam.

> [...]
> ada yang sesuai berarti mereka ini bukan lah menganut tasawuf, tapi
> sungguh mereka ini menapak jalan Islam yang lurus (walaupun mereka
> menganggap mereka sebagai sufi/ penganut tasawuf)
>
> Jika saja tasawuf ini benar dari Alloh, sungguh Alloh akan melindung
> ajaran / jalan ini (menurut term kang ncep) dari penyelewengan
> penyelewengan baik amalan maupun aqidah.

> Jangan dimarahin atuh si nyai... nih ada sampeu bakar masih panas
> sama gula merah, mana kang naufal?, ditunggu yeuh bajigurna lah...

Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahu wata'ala kepada seluruh
manusia yang akan bertambah bila terus diamalkan, salah satu pengamalannya
adalah dengan membagi-bagikan ilmu itu kepada yang membutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu
wata'ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang
tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas
yang engkau mampu.