Bukan aku menolak rezeki tapi aku takut rezeki itu tidak membawa manfaat bagiku malah kesusahan bagiku

Ass Wr Wb

Ungkapan seperti diatas dulu sering saya dengar dilingkungan muslim didaerah saya yang pada umumnya kondisi dan pola hidup mereka kurang produktif. Bahkan ada yang menganggap dunia ini menyesatkan, maka biarlah dunia ini jadi urusan orang2 non muslim atau urusan muslim yang kurang taat.

Ketika saya baca buku berjudul 10 sahabat yang dijamin surga, saya agak terkejut ketika mengetahui bahwa beliau-beliau ternyata adalah pekerja keras dan kebanyakan adalah orang yang sukses didunia ini, terutama dibidang mengumpulkan materi atau dibidang pemerintahan. Sehingga tidak heran kalau beliau-beliau bisa menyumbangkan harta dalam jumlah besar kepada masyarakat muslim atau berkesempatan memimpin masyarakat muslim kearah lebih baik.

Yang membikin mereka yang kurang sukses adalah, pengertian mengenai ketidak terikatan dengan materi/dunia, yang seharusnya diterjemahkan kedalam amalan berupa mudah/suka menyumbangkan materi demi kepentingan umat, diterjemahkan menjadi tidak perlu terlalu serius dalam mencari materi. Sehingga timbulah kondisi dan pola hidup kurang produktif.

Alhamdulillah sekarang kondisi masyarakat muslim semakin baik, sekarang sudah banyak muslimin yang posisinya dimasyarakat semakin baik atau kondisinya menjadi semakin kaya. Sabar dalam mencari rezeki oleh mereka diterjemahkan menjadi pekerja keras dan tidak mudah putus asa. Mudah-mudahan beliau-beliau ini mempunyai pengaruh yang positip terhadap masyarakat muslim.

Wass Wr Wb

Agus

banganut <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Bukan aku menolak rezeki tapi aku takut rezeki itu tidak membawa manfaat bagiku malah kesusahan bagiku

Kalimat diatas cukup membuatku merenung
Betapa ingin kita mengharapkan tambahan rezeki (penghasilan), lebih-lebih beban hidup yang semakin menjadi, malah buka usaha sampingan bahkan demi menambah modal agar bertambah keuntungan kita berani mengambil pinjaman.

Memang ada yang berhasil dengan upaya-upayanya. Tapi banyak juga ada yang gagal. Yang gagal akhirnya bukan untung yang didapat malah buntung.

Ada yang bisa bagi pengalaman kegagalan atau kiat sukses dalam mencari rezeki tambahan ?

was-salam

anut

Apakah Anda Yahoo!?

YAHOO! GROUPS LINKS