-----Original Message-----
From: keluarga-islam@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of dodindra
Sent: Monday, April 17, 2006 4:40 PM
To: keluarga-islam@yahoogroups.com
Subject: [keluarga-islam] Tarekat-Tashawwuf Syekh Hasan Al Banna

Bismillahirrohmanirrohiim,
Alhamdulillaahi Robbil `alamiina, al qooilu fii kitabihil kariim.
Wash-sholatu was salaamu'ala asy-syrofil mursaliin sayyidina
Muhammadin shollallohu'alaihi wasallama wa'ala aalihi wa ash-haabihi
ajma'in ammaaba'du.

Saudaraku yang di Rohmati Alloh SWT, saya kemarin mendapat buku kecil,
Berjudul AL - Ma'tsurat, oleh Syekh Hasan Albanna, terjemahan, dan ada
Pengantar oleh DR. Tariq Ramadan , seorang Intelek Muslim Eropa, cucu
dari Syekh Hasan Al Banna.
Diterbitkan oleh Penerbit Mizania, PT. Mizan Pustaka, Cetakan I,
Februari 2006.

Buku ini menarik , karena berisi Kumpulan Do'a-do'a (Wirid) yang
dianjurkan oleh Syekh Hasan Al Banna untuk diamalkan sehari-hari.

Namun, yang paling menarik bagi saya adalah Pengantar yang ditulis
oleh DR Tariq Ramadan.
Isi pada pengantar itu adalah hal-hal yang sangat jarang dikupas oleh
Para Penulis buku yang menjelaskan tentang Syekh Hasan Al Banna,
seorang Ulama abad ini.

Berikut ini kutipan dari sebagian Pengantar Buku tersebut oleh DR
Tariq Ramadan :

Halaman 22 - 23 :

Sikap yang menunjukkan kepribadian Imam Hasan Al Banna : keimanan yang
kuat, spiritualitas sejati, pribadi berdisiplin, baik dan bersikap
lemah lembut terhadap sesame manusia.
Ustadz Umar Al Tilimsani sering menuliskan cerita ini. Aku juga
mendengar cerita serupa dari ayahku, DR Said Ramadan, menentu Imam
Hasan Al Banna dan ibuku, Wafa Al Banna, putri tertuanya.

Keutamaan Imam Hasan Al Banna adalah kualitas keimannannya dan
kedekatan hubungannya dengan Allah. Siapapun yang pernah berhubungan
dengannya akan menangkap dan merasakan hal ini. Dia hidup laksana
shahah pertama - dengan mengikuti jalan Nabi Saw.

Sejak usia dua belas tahun, dia telah ditakdirkan untuk belajar dan
ikut serta dalam halaqah zikir TAREKAT  HUSAFIYYAH.
Disana dia mempelajari pentingnya bersama Allah, meningat-Nya dengan
segenap hati dan jiwa. Dia juga belajar tentang criteria keberuntungan
yang sesungguhnya : Iman, sikap rendah hati, perjuangan, dan disiplin
diri.
Dia terdidik untuk benar-benar memahami jihad al-nafs : berada karena
Allah, bersama Allah, memperbaiki hati, menyucikan niat, bermunajat
kepada Allah sebelum berkeinginan untuk bertindak atas Nama-Nya.
Para Guru SUFI pada TAREKAT HUSAFIYYAH sangat ketat dalam masalah ini
- mereka sangat berhati-hati agar tidak menyimpang dari tradisi
autentik Ahl al sunnah wa al-jamaa'ah.........

Demikian sedikit kutipan dari Pengantar oleh DR Tariq Ramadan , yang
saya kutip dari buku Al Ma'tsurat, yang menambah pengetahuan saya,
bahwa Syekh Hasan Al Banna, ternyata adalah juga seorang penempuh
Thariqoh - tashawwuf HUSAFIYYAH.
Hal ini dijelaskan oleh cucu beliau tersebut.
Semoga buah karya beliau, yang menyusun kumpulan do'a Al Ma'tsurat,
akan menjadi amal shalih bagi beliau . Amiin.
Hal ini juga, semoga akan menggugah diri saya pribadi, untuk selalu
mengenang dan mengagungkan para Ulama terdahulu dan kini, yang mau
berkarya untuk Ummat Islam, siapapun adanya beliau , apapun karya
beliau, karena, hanya dengan KehendakNYA, Alloh SWT, apa-apa yang kita
pelajari akan membawa kita pada amal shalih kita, dari manapun
datangnya...insya Alloh, amiin.

Subhaanakallohuma Wabihamdika Asyhaduanlaailahaillaa anta Astaghfiruka
wa'atubuilayka.

Wasalamualaykum warohmatullohi wabarokatuhu,

dodi indra
yangbarubelajarhidup
10

This message and any attached files may contain information that is
confidential and/or subject of legal privilege intended only for use by the
intended recipient. If you are not the intended recipient or the person
responsible for delivering the message to the intended recipient, be advised
that you have received this message in error and that any dissemination,
copying or use of this message or attachment is strictly forbidden, as is the
disclosure of the information therein. If you have received this message in
error please notify the sender immediately and delete the message.