Perbedaan lebaran di Indon dgn di Qatar ........ jelas dong jauh sekali bedanya .

Kalau di indon kan yang penting hari H nya ........ sampai sampai pemeritahan, polisi, pegawai, tukang sekolah, tukang supir , tukang ojek ....... punya arti terhadap Hari H itu ........... bahkan saya dengar kepolisian sudah siap2 dari H-10 sampai H+10

Hari H di Indon sangat punya arti besar ............. mudik , pulang kampung, sungkeman, dsb pokonya manjadi hal yg harus dan sudah menjadi trend dan gengsi tersendiri baik itu untuk yang pulang ( anak2 ) maupun yang dikunjungi ( orang tua ).  sampai ada yang ngebela belain cari utangan . Baju baru , sepatu baru , barang baru, HP baru itu harus ada sebagai accesories pelengkap gengsi, tak lupa buat orang tua bawa oleh oleh TV baru , radio baru , samping dan kopiah pokonya serba harus .

Hari H adalah sesuatu yang indah untuk dinantikan buat anak2 yang mampu dan berada dan kaya untuk memamerkan keberhasilannya dikampung dan bikin bangga orang tuannya.

Hari H juga jadi momok yang menakutkan bagi Anak2 yang kurang beruntung, antara harus dan tak mampu batasannya hanya berani malu aja , berani cari utangan, berani korupsi kecil kecilan , berani nipu , berani mencuri dan bahkan berani merampok.

Semua itu tentang hari H di Indon yg penuh kenangan buat kami , sekarang kita sudah hampir 7 kali menjalani hari H di Qatar . Di Qatar hari H normal aja seperti hari biasa atau sama dgn hari jum'at ( bahkan kami sudah 3 kali hari H gak masak cukup keliling aja ke kawan kawan ).

DiQatar yang ada adalah pembagian Hari ramadhan
10H pertama biasanya di masjid masih normal normal aja
10 H kedua ada sebagian masjid yg sudah khatam ( di 10 hari ini makanan minuman banyak sekali di masjid )
10 H terakhir Masjid penuh siang malam karena ada yang nginap segala , ada sholat malam berjamaah sekitar jam 12 sampai jam 3 subuh ( khataman dalam 10 hari ).
Orang2 disini pada nunggu Ramadhan yang 10 H terakhir bukan hari Idul Fitri

Selepas itu hari Idul fitri ............ takbir dari selepas subuh sampai menjelang sholat idul fitri berkumandang di masjid masjid  ( tak ada malam takbir ) dan sholat ied udah beres dah ........... nunggu ramadhan lagi.

si ema jigana keur ngagoreng opaknya
Ade Sanjaya Aliyasa
Qapco.co.ltd
Po.box 50155- Ummsaid Qatar