semua hadis nabi juga perintah Allah  bang yosep.., pastilah perintah
perintah Allah itu turun lewat ucapan  rasul Nya, geto mas yosep..

joseph khaidar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
           mas bos... kalo gitu apa perintah Alloh yang keluar dari hadits nabi?

Ramdan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
    Bos,
jadi kalo begitu, kenapa ada ayat Qur'an dan kenapa ada kalimat hadits?
batasan apa yang menjadi pembedanya?
apa kah Nabi sendiri yang bilang..?
misalkan belio bilang begini:
"kalimat ini adalah ayat Qur'an.." ato "...yang barusan saya ucapkan adalah
ayat Qur'an..."
ketika dia menyampaikan kalimat2 kepada umatnya...

lalu kemudian para pencatat   memisah-misahkannya...
begitu..?

coba uraikan lagi dong batasan hadits ato yang dimaksudkan dengan hadits?
jangan  seperti teman kita yang sudah diban dulu yang mengatakan bahwa tidak
ada hadits yang ada cuma  sunnah, dan sunnah itu yang ada hanya  sunatulloh,
tidak ada sunnah rosul...

salam
:-)

  On 1/14/07, bos gila <[EMAIL PROTECTED]> wrote:            salah dong..
karena semua ayat Alqur;'an itu adalah hadits, dan tidak semua hadits adalah
Alqur' an..

emang   kenal alqur'an darimana kalau bukan dari ucapan Nabi saw?,
hadits  berarti ucapan.., dan semua yg diajarkan Nabi saw itu adalah perintah
Allah swt, bahkan setiap gerak gerik beliau saw pun merupakan perintah  Allah
bagi kita untuk mengikutinya.

anda dapat darimana Alqur'an  itu?, dari riwayat2 hadits tentunya, bila anda
buka shahih  Bukhari,shahih Muslim dan buku2 hadits maka anda akan temukan
riwayat  Alqur' an yg dalam ucapan hadits, Rasul saw sedang begini dan
begitu,lalu saat si fulan bertanya begitu, turunlah ayat.............,

nah.. kan berarti Alqur;an itu   muncul diantara hadits, bukan turun terpisah
dari hadits,

justru salah bila kita beranggapan hadits muncul dari Alqur'an..

justru alqur'an adalah intisari dari hadits, dan induk pedoman.

semua ayat Alqur;'an itu adalah hadits, dan tidak semua hadits adalah Alqur'an..

Ramdan <ramdan.ramdan@ gmail.com> wrote:      he he he...
setuju bahwa al Qur'an dan hadits tidak bisa dipisahkan.
tetqpi   kalimat 'tidak mungkin ayat bertentangan dg hadits' apa tidak
terbalik..? bukankah seharusnya 'tidak mungkin hadits bertentangan
dengan ayat Qur'an..'. karena hukum utama adalah Qur'an, dan setiap
hadits harus dicompare apakah ada di Qur'an ato tidak, bukan
sebaliknya ... :-)
nah jika punya prinsip seperti itu
bukankah itu adalah salah satu kehati-hatian dalam memahami hadits...

salam
:-)

On 1/14/07, bos gila <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Alqur'an dan hadits tidak bisa dipisahkan, tidak mungkin ayat bertentangan
> dg hadits, ucapan yg keliru bila mengatakan dzikir tanpa hitungan hrs
> didahulukan dg dzikir yg dg hitungan dg alasan karena Alqur'an tidak
> mengajarkan dzikir dg hitungan,
>
> sedangkan Alqur'an tak bisa difahami tanpa hadits,
>
> Alqur'an menjelaskan kewajiban shalat tapi tak mengajarkan caranya, hadits
> yg menjelaskannya,
>
> Alqur'an memerintahkan haji tapi tak mengajarkan caranya,hadits yg
> menerangkannya,

> [...]

Sekarang dengan penyimpanan 1GB
   http://id.mail.yahoo.com/

Don't get soaked.  Take a quick peak at the forecast
 with theYahoo! Search weather shortcut.

Kirim email ke