waalaikumussalam,
  terimaka kasih kang
  setiap saat dalam kehidupan kita gunakan akal,
  bahkan mulai bangun tidur hingga akan tidur lagi.

  urusan dunia wajar jika keputusannya yang akan diambil
  setelah masuk akal, namun urusan akhirat kita tidak perlu
  masuk akal dulu baru mau dipercaya, dan baru mau dijalankan,
  seperti halnya mujizat yang terjadi itu diluar jangkauan akal,
  apakah kita tidak percaya, karena tidak masuk akal ?
  walau kita dituntut mengolahnya dengan akal, tapi tidak
  dituntut harus ketemu dulu baru boleh dipercaya, karena yang
  dibutuhkan adalah keimanan.

  perkara do`a itu sampai atau tidak kepada mayit, kita tidak mampu
  mencerna dengan akal, dan bisa jadi tidak mampu kita buktikan.
  kalau diolah dengan akal lalu ketemu yah syukurlah, tapi tidak mesti
  kita tolak kalau tidak ketemu.
  sehingga kitapun seharusnya tidak mengatakan tidak mungkin sampai,
  seolah membatasi kehendak dan kemampuan ALLAH untuk melakukan
  sesuatu, dan juga begitu banyaknya dalil yang menyampaikan hal itu.
  juga walaupun Do`a itu bisa sampai, tetapi jika Allah tidak menerima
  Do`a orang yang berdo`a juga tidak ada guna pula.

  Adapun ayat yang saya sampaikan, maksud saya
  agar saudara kita tidak usah memperbanyak membalas
  ucapan-uacapan yang tidak sepaham dengan
  pemahaman kita, karena bagaimanapun seorang
  yang telah ditetapkan oleh Allah baginya, kita tidak mampu
  merubahnya kecuali atas kehendak Allah.

  Semoga kita semua yang ada di milis KI ini
  termasuk orang-orang yang selamat diakhirat nantinya,
  Aaamiiinnn.

  salam cinta

kang nceps <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          assalamualaikum,
bang nashir, apakah menurut sampeyan akal fungsinya harus dipersempit
dan lalu sampai dimana batasan fungsi akal tersebut ?

bukankah gusti Alloh meninggikan derajat orang - orang yang berfikir
dan mempergunakan akalnya sehingga tidak taklid buta, ? dan hanya
orang-orang yang berakalah yang dapat menerima pelajaran
pelajaran bumi langit dan turunnya air hujan juga hanya bisa diterima
oleh orang-orang yang mempergunakan akalnya bang ?

lalu dengan akal juga kita menafsirkan dan menghubungkan asbabun nuzul
satu ayat dengan peristiwa yang lain, ?

jadi sampe dimana fungsi akal dalam beragama bang ? kalau kita
terjebak lalu bagaimana supaya tidak terjebak,dan mengapa manusia
diberi akal ?

lalu ayat yang sampeyan kutip koq tidak bersambung dengan permasalahan
akal bang,

wassalam
KnC

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Nashir Ahmad M."
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam,
> Kita akan terjebak oleh hukum akal bila selalu menghendaki jawaban
dari maksud setiap Ajaran Rasul saw, ya bila kita menemukan
jawabannya, bila tidak?, apakah lalu kita menolak mengamalkannya?,
maka dengan itu kita menyembah akal karena hanya taat pd hal yg
diterima akal, alangkah sempitnya akal dan segala isinya yg hanya
sekepalan tangan ini untuk memahami hikmah ilahiah, yg ada sebelum
akal ada.

> Mengapa Allah memerintahkan ini dan itu?, mengapa tidak seperti ini?,
> merupakan ucapan berbahaya bila terus diikuti, karena puncaknya
akan menjurus pd Allah swt dan syak wasangka pd Allah swt.,
seolah-olah membatasi perbuatan Allah swt, seolah-olah membatasi bahwa
Allah tidak boleh menyetujui yg begini dan begitu.

> Maka tanpa kita sadari kita terjebak pemahaman untuk merubah diri
kita sebagai Pencipta, dan Allah menjadi Hamba, karena kita ingin
Allah taat pada keinginan kita, dan berbuat menurut kehendak kita, dan
agar tidak berbuat terkecuali hal yg kita fahami, dan membatasi
kehendak Nya untuk berbuat dengan hal yg bertentangan dengan akal kita.

> Barangsiapa yang Allah sesatkan , maka baginya tak ada orang yang
akan memberi petunjuk. Dan Allah membiarkan mereka terombang-ambing
dalam kesesatan. QS. 7:186

> “Demikianah Allah mengunci mati pintu hati orang yang sombong
dan sewenang-wenang” (QS. Ghafir 35)

> Salam,

      Recent Activity

      8
  New Members

Visit Your Group
      Curves on Yahoo!
  Share & discuss
  Curves, fitness
  and weight loss.

    Fitness Zone
  on Yahoo! Groups
  Find Groups all
  about healthy living.

    Real Food Group
  Share recipes
  and favorite meals
  w/ Real Food lovers.

  .

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke