<[EMAIL PROTECTED]>
Dari: "Euis" <[EMAIL PROTECTED]>
Tanggal: Wed, 16 Jan 2008 13:00:43 +0700
Topik: Tolong Carikan Ayah Untuk Janinku !

          TOLONG...CARIKAN AYAH UNTUK JANINKU !
  (FIKSI)

  Oleh : Euis Handayani

  Aku mengenalnya sudah cukup lama sekali. Dia adalah seorang pemuda yang ku
anggap baik di mataku dan keluargaku. Awal perkenalan kami yaitu melalui
seorang teman dekatku yang tak lain adalah kerabat jauhnya sendiri.

  Selang beberapa minggu dari perkenalan, kami pun sepakat untuk menjalin
hubungan ke arah yang lebih serius (pacaran) tentunya dengan satu tujuan yaitu
bisa sampai ke jenjang pernikahan.

  Karena masing-masing keluarga sudah mengetahui akan hubungan kami, maka
mereka memberikan kepercayaan penuh kepada kami untuk menjaga baik hubungan
kami. Layaknya orang berpacaran, kami pun tak jarang jalan (pacaran) di luar
rumah. Mulai dari jalan-jalan biasa, nonton bioskop sampai cek in pun pernah
kami jalani.

  Tak terhitung berapa banyak janji yang terucap, rayuan manis yang melenakan,
pelukan dan ciuman yang mendarat di tubuh kami, bahkan lebih dari itu....***
(we lost control). Seiring berjalannya waktu, aku rasakan tanda-tanda
keseriusan darinya semakin pudar. Mungkin karena usia hubungan kami yang
terlampau lama, kini semuanya terasa hambar, datar dan seolah berjalan di
tempat. Tak terdengar lagi kata-kata mesra dan janji-janji yang dulu pernah
diucapkan, sedangkan hubungan kami sebelumnya sudah jauh melebihi batas aturan.

  Lambat-laun komunikasi pun mulai jarang, bahkan terkadang hilang sama sekali.
Berbagai alasan telah ku katakan manakala keluargaku menanyakan kabar hubungan
kami dan kabar keberadaan dia yang sudah jarang berkunjung ke rumah.

  Dan sejalan dengan itu, aku merasakan seperti ada sesuatu yang terjadi
padaku. Aku mulai sering pusing dan mual-mual, namun tak pernah aku hiraukan
karena kupikir mungkin cuma masuk angin biasa. Tapi setelah beberapa hari
bahkan minggu, rasa sakit itu tak juga hilang, malah semakin menjadi bercampur
dengan rasa cemas. Kesehatanku menurun secara drastis. Aku mulai benar-benar
cemas ditambah lagi dengan keterlambatanku datang bulan. Namun perasaan itu
sebisa mungkin aku sembunyikan untuk menghindari kecurigaan keluargaku.

  Kembali ku telusuri jejak pacarku yang sudah lama menghilang, namun tak jua
kutemukan. Aku sangat panik.

  Sampai akhirnya ku beranikan diri untuk memeriksakan kesehatanku ke Dokter.
Hanya ingin memastikan bahwa aku baik-baik saja dan hanya mengalami sakit
biasa. Walau tak bisa dipungkiri perasaan takut dan was-was kalau aku hamil itu
terus membayangi.

  Keputusan Dokter itu membuat dunia seakan runtuh seketika. Hatiku terguncang
dan ketakutan manakala Dokter menyatakan bahwa aku positif hamil, dan
kehamilanku telah memasuki usia satu bulan. Badanku terkulai lemas tak berdaya.

  Perasaan sedih, malu, takut dan bersalah bercampur menjadi satu. Harapanku
hilang sudah dan jiwaku hancur lebur.

  Kembali ku mencari kabar keberadaan pacarku untuk meminta pertanggung
jawabannya atas kehamilanku, namun tetap saja hasilnya nihil. Sampai akhirnya
aku terima kabar dari salah seorang temannya bahwa pacarku kini sudah pindah
kerja dan tidak ada seorang pun yang mengetahui alamatnya yang baru. Dan yang
lebih membuatku marah yaitu kabar bahwa pacarku sudah menjalin asmara lagi
dengan wanita lain dan katanya wanita itu akan segera dinikahinya.

  Kembali jiwaku terguncang sampai nyaris saja aku kehilangan akal sehatku. Aku
kehabisan cara untuk mencari jalan keluar atas masalahku ini, namun akhirnya
aku menyerah jua pada kenyataan.

  Walaupun ini masalah atas kesalahanku sendiri, tapi aku tidak bisa
mengatasinya sendirian. Aku butuh orang lain, aku butuh keluarga, karena
lambat-laun aib ini akan terbongkar dengan sendirinya.

  Aku tidak bisa membayangkan reaksi keluarga ketika mereka tahu bahwa aku
hamil di luar nikah. Dan yang paling aku khawatirkan mereka tidak bisa
membendung amarah ketika tahu bahwa calon ayah dari janin ini telah pergi
dengan wanita lain. Tapi walau bagaimanapun mereka harus tahu, pikirku. Aku
harus siap dengan segala resikonya.

  Dan benar saja dugaanku, mereka begitu terpukul dan murka saat mengetahui
kehamilanku. Walau perasaan takut terus menyelimuti, tapi aku terus berusaha
untuk tetap tegar ketika ku ceritakan kejadian yang sebenarnya secara rinci
sampai tuntas. Persidanganku pun berlangsung cukup lama di rumah. Aku seperti
seorang terdakwah yang divonis hukuman mati di hadapan keluargaku sendiri.
Mereka begitu geram dan nyaris mengusirku dari rumah. Walau sangat terpukul,
namun ibu tetap saja melindungiku dan berusaha meredakan amarah ayah dan
saudara-saudaraku.

  Salah satu solusi yang ditempuh yaitu dengan cara mempertemukan dua keluarga
dan mencari pemecahan lain atas masalah ini, namun tidak ada mufakat yang
dicapai karena pihak keluarga dia sendiri tidak mengetahui keberadaan anaknya
sekarang. Mereka tak henti-hentinya meminta maaf pada keluargaku atas perilaku
anak laki-lakinya yang tidak bertanggung jawab.

  Ibarat nasi sudah menjadi bubur, mustahil waktu kan berulang. Kini yang ada
hanya penyesalan yang mendalam dan rasa malu karena harus menanggung aib yang
cukup besar. Sampai akhirnya aku mengasingkan diri jauh dari keluarga dan
lingkungan masyarakat.

  Kemana lagi aku harus mencari ayah untuk janinku ini ? Karena tidak ada
seorangpun yang merasa iba terhadapku. Inilah hukuman yang harus aku tanggung
seumur hidupku. Siapa yang menabur, maka dia jualah yang menuai. Padahal dalam
agama sudah jelas-jelas disebutkan batasan-batasan dalam berta'aruf dan
larangan berpacaran. Namun karena lemahnya iman dan kuatnya godaan syaitan
telah mampu membutakan mata hatiku dan terlena dalam buaian cinta yang semu.

  ******

  Serang, 160108
  * Ketika mencoba memposisikan diri menjadi orang lain(si pelaku)....

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke