Assalamu'alaikum wr wb,

Mau melengkapi saja, berikut beberapa hadits terkait amalan yang
dicintai Allah:

Dari Abdullah bin Mas'ud katanya: "Aku bertanya kepada Nabi
sholallahu 'alaihi wassalam tentang amal-amal paling utama dan
dicintai Allah," Nabi sholallahu 'alaihi wassalam menjawab, "Pertama
shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal
waktu), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan
Allah." (HR. Bukhari, Muslim)

"Amal yang paling dicintai Allah adalah (amal) yang dikerjakan
pelakunya secara rutin meskipun sedikit." (HR. Muslim)

Dari Al-Abbas Sahl bin Sa'ad As-Sa'idi R.A, ia berkata bahwa
seseorang datang kepada Rasulullah SAW seraya berkata, "Wahai
Rasulullah, tunjukanlah saya kepada suatu pekerjaan yang jika
mengerjakannya, niscaya saya dicintai Allah dan dicintai manusia."
Rasulullah menjawab,"Zuhudlah engkau di dunia, niscaya Allah
mencintaimu, dan zuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusia,
niscaya mereka mencintaimu." (HR Ibnu Majah).

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya
kepada Rasulullah saw., "Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling
dicintai Allah?" Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal." Orang ini
bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?"
Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Al-Qur'an dari awal hingga
akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR.
Tirmidzi)

".... Dan tidaklah seorang hamba-Ku bertaqarrub pada-Ku dengan suatu
(ibadah) adalah lebih Aku cintai ketika ia bertaqarrub dengan
sesuatu yang Aku wajibkan (fardu) kepadanya. Dan tidaklah hamba-Ku
senantiasa bertaqarrub kepada-Ku dengan yang sunnah-sunnah (nawafil)
kecuali Aku akan mencintainya..." (HR Bukhari)

Wassalam

--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, "Yusa" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ustadz Taufiq :
>
> Rasulullah Muhammad Saw bersabda bahwa amalan yang bisa membuat
kita dicintai Allah Swt adalah :

> 1. Sholat tepat pada waktunya.
>
> 2. Berbakti kepada orang tua.
>
> 3. Silaturrahim.
>
> 4. Tidak menyia-nyiakan waktu. Sebaik-baiknya orang itu mereka
yang berumur panjang dengan amal yang banyak. Sedangkan seburuk-
buruknya orang itu mereka yang berumur panjang dengan tanpa amal.
Umur kita pada dasarnya adalah yang kita gunakan untuk ibadah.

> 5. Tidak mengikuti hawa nafsu.
>
> 6. Bersungguh-sungguh taat kepada Allah Swt. Benar-benar taat
dimana pun, dengan siapa pun dan sedang apapun juga. Tidak sesaat
taat, sesaat tidak taat.

> 7. Memperbanyak dzikir kepada Allah Swt di saat sepi atau ramai,
di saat sendiri atau dengan banyak orang.

> www.majlismajlas.blogspot.com

Kirim email ke