Salam hangat dari Makassar

Bersantai di rumah setelah beridul fitri, saya iseng membaca email-email
lama yang pernah diterima.
Saya tertarik dengan sebuah email dari Pak Heru Nugroho yang menyatakan
tentang moral (Tanggal 2 bulan 11 2001).

Mungkin kita perlu merenungi lagi tentang hal ini, apalagi setelah mengalami
masa "pendidikan" selama sebulan penuh di bulan puasa dan telah kita rayakan
dengan kemenangan di Hari Idul Fitri, apakah hal ini akan kita "mentahkan"
lagi selama 11 bulan yang akan datang ?

Secara institusi, apakah ISP di Indonesia dapat memblokir segala hal
mengenai pornografi tersebut secara langsung pada servernya ? Apakah hal
tersebut dapat dilaksanakan ?

Saya menanyakan hal tersebut karena beberapa waktu yang lalu saya bertemu
dengan beberapa pengusaha ISP di Makassar dan menanyakan hal tersebut,
karena secara teknis saya pikir hal tersebut tidak terlalu sulit untuk
dilaksanakan (walaupun tidak menjamin 100% dapat terblokir, tetapi minimal
ada usaha ke arah itu). Namun saya memperoleh tantangan yang berat dari
beberapa orang ahli komunikasi, dengan berpedoman pada Amandemen UUD 1945
Pasal 28 F mengenai kebebasan memperoleh informasi.

Mohon tanggapan dari rekan-rekan di milis ini...

Best Regard's

Khalid Mustafa
mailto:[EMAIL PROTECTED]
http://www.khalidmustafa.f2s.com