BRI

Sebuah bank, kenapa bikin kantor-kantor cabang dan capem yang banyak
dimaksudkan agar para nasabah bisa enak melakukan transaksinya dengan
bank yang bersangkutan.

Tetapi .....

Anda kebetulan anggota sebuah perkumpulan, yang mesti menyetor iuran
senilai Rp 12.500,- ke sebuah rekening di bank BRI Cabang tertentu
(Pahlawan Surabaya).

Apa yang mesti Anda lakukan ?

Saya pasti Anda akan setuju terhadap pilihan saya, pergi ke BRI
terdekat (BRI Kaliasin, Surabaya). Kenapa saya milih di situ, karena
selain dekat, juga gedungnya bagus. Surabaya yang akhir-akhir ini bukan
main panas (karena semua pohon di bawah kabel PLN ditebang habis, besar
atau kecil) pasti akan berubah enak ketika saya masuk di BRI Kaliasin
tersebut.

Betul. Kantornya bagus sekali. Cuma, aku bingung, di mana slip-slip
yang harus saya isi lebih dulu sebelum berbaris antri di depan teller.

Clingak-clinguk sebentar, saya pergi ke customer service. Masih setuju,
kan ?
Mbak-nya bilang, oh, itu harus TAC (transfer antar cabang?), dan nggak
bayar kok, pak.

nah, akhirnya saya pun antri. Siang itu, pas jam 12-an, pasti banyak
mbak-mbak teller yang istirahat makan. Maka cuma ada dua loket yang
buka. Tahu sendiri, antrian pun jadi panjang.

Sampai di depan, saya kemukakan tujuan saya. Lalu mbak tersebut
mengambil slip TAC tersebut, untuk saya isi di depan mbak tersebut.
Antrian di belakang saya ngedumel, maka saya pun minggir, karena mesti
menulis slip tadi.

Mbak teller pun akhirnya melayani saya, dan memasukkan data-datanya ke
komputer. nah, di sini soalnya...

Pak, kata mbak teller, transfer 12.500 tidak bisa. Minim harus
100-ribu. Harus transfer lebih banyak, atau pergi ke cabang Pahlawan.

Saya sampai saat ini (mulai 25 tahun lalu) bekerja bikin program dan
mendesain sistem komputerisasi. Mendengar itu, kira-kira seperti apa
yang ada di dalam pikiran saya?

Kuis buat Anda. Kira-kira apakah Anda punya perasaan yang sama dengan
saya? Saya tak ingin menuliskan perasaan saya saat itu di sini, agar
Anda tidak terpengaruh lalu ikutan berpendapat sama dengan saya. Saya
hanya ingin menguji, apa pendapat umum terhadap kejadian seperti yang
saya alami ini.

Salam,

Edi Purwono