Doer:
Cahaya menyebar ke segala arah....
Cahaya hanya merambat menurut garis lurus.

martin:
Saya hanya menanggapi sedikit. Dua pernyataan anda itu kok agak bertentangan
ya. Yang saya tahu waktu di SMA dulu (kebetulan saya dari jurusan Fisika),
cahaya itu gelombang transversal (satu arah menurut garis lurus), bukan
longitudinal (menyebar ke segala arah). Yang membuatnya "menyebar" adalah
bidang yang dikenainya itu memantulkan cahaya ke bidang lain yang kemudian
ditangkap oleh mata. Ini cuma tanggapan sedikit saja. Pesan substansialnya,
bahwa cahaya adalah kebenaran, dll itu saya sih setuju-setuju saja.