--- ез <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]

---------------

Sekedar memuat berita apa adanya saja sudah merupakan
impian yang sangat didambakan. Sebab, yang ada saat
ini adalah memuat berita-berita mana yang pas dengan
misi koran, dan pemelintiran yang amat suka-suka.
Jadi, boro-boro ikut urun rembug soal mencerdaskan dan
segala macamnya itu.

Kalau mau, bisa. Bikin koran sendiri. Kalau ndak cukup
duit, cari pemilik modal yang edan, rela duit ndak
balik untuk menjalankan misi idealisme.

Koran sudah menjadi alat pembenar beberapa kelompok.
Beritanya mencoba membenarkan kelompoknya, atau,
merupakan referensi bagi kelompok tertentu untuk
bergerak. Tak heran, banyak orang lalu berlomba punya
media.

Beberapa media sudah lurus jalannya. Kompas adalah
salah satu contoh. Isinya banyak yang bisa dipakai
untuk mencerdaskan wawasan.

Tampaknya, impian itu bakal tinggal impian. Negeri ini
lebih liberal dari negara yang dibilang biangnya
liberal selama ini. Semua semakin konyol, dan
dibiarkan konyol sekonyol-konyolnya. Dengan tak
sungkan, membawa-bawa golok, bisa kita lihat dengan
sangat terbaca, bahkan disiar-siarkan ke luar negeri
segala. Bom meleduk di mana-mana, lalu yang terlihat
cuma wira-wirinya satuan Gegana, bukan menemukannya.

Sebaiknya, kalau mau, ya potong kompas, amputasi.
Jalan pintas dengan membuat koran sendiri. SIUPP tak
harus milyaran, yang entah kapan bisa dipulangin.
Malah tak bayar.