From: akhmad daurie <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Thu, 3 Jul 2003 01:56:40 -0700 (PDT)
To: Milis IF'97 <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [inten] Linux & LIPI, akan menikah ?! ...

Berbekal info dari ananda tentang bagi-bagi CD linux gratis lewat milis inten, aku
coba menulis tentang info tsb dan isu HAKI di mailing list khusus karyawan di pusat
standar sistem mutu LIPI dan mengirimkannya juga ke forum intra LIPI agar bisa dibaca
sama karyawan LIPI di seluruh tanah air tercinta.
Dua jam setelah e-mail tsb menyebar di lingkungan kantor, aku dipanggil oleh Kepala
Pusat untuk diskusi tentang Linux.  E-mail yg aku kirim melalui milis tsb juga telah
di forward oleh beliau ke Tim Pengkaji/Peneliti HAKI - LIPI. Mudah-mudahan ini awal yg
bagus agar kantor LIPI Pusat bermigrasi ke Linux, setidaknya Kepala Pusat Standar &
Sistem Mutu (Pustan) sudah memberikan persetujuan untuk kelak Jaringan Internal di
Pustan LIPI secara bertahap akan migrasi ke Linux dan aku mendapat kepercayaan untuk
merealisasikan hal tsb.

Berikut isi dari e-mail yg kukirimkan di lingkungan kantor LIPI, seperti biasa isinya
rada konyol, namun menyentuh relung kalbu dan tentunya tak lupa sekaligus juga
menampar muka mereka yg selama ini gembar - gembor soal HAKI di lingkungan kantor LIPI
Pusat.

Forward berita dari Kates Mentah melalui milis [EMAIL PROTECTED]
Assalamu'allaikum. Wr. Wb.

Selain Windows kita mengenal sistem operasi komputer lainnya, spt : DOS, Mac OS, Be
OS, Linux (Mandrake, Red Hat, SuSe, etc), dll.

Sistem Operasi yg banyak digunakan sekaligus dikembangkan adalah LINUX,
pengembangannya bersifat Open Source (source codenya terbuka), dan gratis (tanpa harus
bayar registrasi, paling cuma ganti ongkos pencetakan CD setara dgn biaya makan siang
kita, coba bandingkan kalo harus beli Sistem Operasi Windows yg harganya bisa jutaan
rupiah), tidak melanggar UU HAKI.

Kalau anda berminat mendapatkan Sistem Operasi Linux gratis dan sekaligus mendapatkan
CD Installasinya yang juga dibagikan gratis, silahkan klik
http://linux.ictwatch.com/form/

Satu hal yg saya amati dari proyek bagi-bagi CD Installasi gratis ini, biaya
projectnya cuma Rp. 3.500.000,- yang digunakan untuk biaya cetak Compact Disk utk
installasi dan ongkos kirim.
Asumsikan saja biaya cetak 1 CD = Rp. 5000,- dan ongkos kirimnya juga Rp. 5000,-.
(Total utk setiap orang/perusahaan = Rp. 10.000,-), itu artinya akan ada 350
orang/perusahaan yang akan merasakan sistem operasi dgn gratis dan halal.
Sebuah proyek kecil, dgn dana kecil (saya yakin mereka patungan utk uang 3,5 juta
tsb), sponsor yg seadanya, dan hasilnya bukan hanya menakjubkan, tapi juga mengharukan.

Mereka melakukan sesuatu yg langsung mengimplementasikan UU HAKI yg sempat dibahas
dalam seminar - seminar LIPI.  Di saat kita masih mengawang - awang dalam soal
penerapan HAKI dan baru mulai bergerak, sekonyong - konyong proyek kecil dari
komunitas kecil ini menyelonong mendahului kita lewat kegiatan sederhana (sangat
sederhana malah).
3,5 Juta rupiah adalah budget yg disediakan komunitas kecil tsb, mungkin nilai uang
tsb adalah nilai yg lebih kecil dari biaya catering seminar HAKI yg dilaksanakan LIPI.
 Namun nilai maknanya ketika sekitar 350 orang/perusahaan secara langsung bisa
merasakan manfaat program tsb ? ... mari kita renungkan bersama !, sambil mengurut
dada sendiri tentunya ...

Wassalam,

Daurie

----- End forwarded message -----

--
Orang yang berakhlak baik tidak tergantung pada terang ataupun gelap, karena dia akan
tetap berakhlak baik walau tak seorang pun melihatnya. --MQ