Quoting Erwan Enno on 31-Dec-2003,
> Terkadang saya ada pertanyaan yang saya sendiri juga
> menentangnya. "Apakah semua distro linux dapat "rukun"
> apabila menjadi satu distro saja ?". Distro Linux,
> seperti kita ketahui ada banyak banget. Tapi dari
> semua distro Linux yang ada, kalo saya pikir2 sih
> semuanya sama aja. Paling yang beda hanya cara
> penyajiannya aja.

Di situlah indahnya dunia Linux khususnya, dan OpenSource umumnya..
Tiap manusia punya selera masing2.. dan Linux tdk hanya mesin2 saja yg
pakai, tapi juga manusianya sbg brainware.. :)

Hmm.. secara filosofis, bayangkan jika di dunia ini apa2 serba satu,
serba seragam.. huh uh.. betapa monoton dan membosankan hidup ini.. :p

> Tapi dari pertanyaan tadi, saya rasa
> cukup menggelitik juga.

Yaa.. cukup mengelitik utk dikritisi.. ;)

> Mungkin, (kalo kata newbie)
> dengan menjadikan Linux itu bersatu menjadi 1 distro
> saja, pasti akan memudahkan dalam memilih.

Kalo udah jadi satu, apalagi yang mau dipilih??

Kalo alasannya "agar mudah memilih", banyak pilihan bukan jadi faktor
penghambat. Justru di situ malah memudahkan kita utk memilih.
Bayangkan jika Anda mau makan di suatu food court di mall, jadi
mudahkah Anda memilih makanan jika semua counter makanan hanya menjual
satu menu yg sama saja?? Apa yg mau dipilih??

> Dan microsoft tentu tidak akan menggunakan alasan
> banyaknya distro akan membingungkan pengguna yang
> kemudian berimbas kepada siapa pengguna harus
> bertanya, apabila distro Linux (sepertinya) ada
> banyak.

Hah.. itukan hanya "alasan" MS yg dibuat2 krn productnya terancam..
MS-kan cuma mau promosiin produknya.. Itu wajarlah dalam dunia
marketing: Puji produk sendiri, cela produk saingan.

> Masalah lainnya, terkadang pengguna Linux juga
> seperti terkotak2 dengan sesama pengguna Linux. Tidak
> jarang saya mendengar "perang" promosi antar pendukung
> salah satu distro Linux dengan distro Linux yang
> lainnya. Ada yang bilang, pake aja distro ini, ini
> lebih baik dari pada distro itu. Yang ada malah
> seperti terpecah, dan yang jadi korban newbie.

Hmm.. Saya cuma bisa bilang: "Asik lho main perang distro.." :)
Walaupun ada "perang distro", tapi tdk ada tuh perpecahan komunitas
Linux.
Newbie itu bukan korban, krn tdk ada yg jadi korban dalam perang
distro. Cuma newbie kadang jadi linglung ketika menyaksikan perang
itu. Tapi itu wajarlah, namanya juga newbie.. Saya newbie juga lho,
makanya saya tau newbie itu kayak apa.. huehehe.. ;p

> Bukankah bersatu lebih baik dari pada berpecah-belah
> ?. Nah, kira2, mungkin enggak Linux itu menjadi rukun
> apabila bersatu ???. Piss !!

"Bersatu": mana lebih baik:
(i) Bersatunya "100 batang" lidi menjadi "1 batang" lidi;
atau
(ii) Bersatunya "100 batang" lidi menjadi "1 ikatan" lidi.

Pis juga.. :)

Ananda