on 19-09-2003 1:11 PM Edi Sujono said the following:
Saya sudah install Redhat 9, pada waktu install package saya klik
juga e-mail servernya. Pertanyaan saya, untuk mengaktifkan e-mail
server tsb bagaimana caranya ya? apakah ada aplikasi lain?

Red Hat Linux setahu saya defaultnya sendmail, dan disediakan alternatifnya yaitu Postfix. Ada commandnya utk mengaktifkan yg alternatif (kalo gak salah satu command ini bisa utk alternatif yg lain2 juga bukan cuma mailserver, saya lupa namanya anda bisa cek di dokumentasinya Red Hat Linux).

Setelah anda pilih (saya recommend Postfix karena buat saya lebih
mudah), silakan dibaca2 dokumentasi dari program yg anda pilih itu utk
cara settingnya. Biasanya sih sudah diinstall dan jalan otomatis dengan
setting default, walaupun tidak "keliatan" secara visual. Setting ini biasanya dg mengedit text file confignya. Kalo anda mau pake GUI coba install Webmin.

Di website supportnya Red Hat Linux juga tersedia berbagai dokumentasi Red Hat Linux sendiri, seperti misalnya Getting Started Guide yg saya rekomendasikan utk dibaca dulu.

Ronny