Hai Friends,

Saya newcomer nih di Linux, saya baru install Mandrake 9.1 dual boot dengan WinXP.
Tapi sampe sekarang saya ngadepin problem dgn sound driver onboard VIA type VT8233
yang sampai sekarang ga ada sound nya. Drivernya otomatis terinstal (snd-via82xx) tapi
pas nyoba xmms malah hang, nyoba xine gak keluar suara. Kalo pake CD (KsCD) sih ada
suaranya, ini kenapa ya?

Saya udah coba kutak-katik aumix & kmix, modules.conf  dan coba instal ALSA versi
terbaru (ALSA driver 0.9.8) tapi gak berhasil juga. Aduh pusing nih! Malah sekarang
kalo Logout jadi hang, buka Xine gak ada consol-nya cuman screen untuk tampilan layar,
buka Home (Konqueror) juga hang, gimana tuh? Tolong dong gimana solusinya?

BTW, kalo kita instal lewat tr.gz, bagaimana cara uninstallnya?

Thanks sebelumnya kalo ada yang bisa bantu.

Salam,
Henry