hallo all...
        saya pakai mandrake 8.1 dan barusan saja ganti soundcard dr ISA AWE 64
menjadi PCI SB Live Value (Emu10K1), soundcardnya ngga ada masalah (jadi
hardware no problem lah). Tapi anehnya, waktu maen CD Player (dalam KDE) bisa
tapi buat maen XMMS atau KDE Media Player, kadang keluar suara kadang ngga
keluar.
Kadang harus utak uatik /dev/dsp.

kalau di sndconfig kedetect soundcardnya tapi waktu di test, error : /dev/dsp
is a directory (ini juga aneh soalnya dulu saya pernah bikin direktori dsp di
/dev tapi udah saya hapus, eh ternyata muncul lagi, ya apa cara hilanginnya ?)
OK, /dev/dsp nya saya hapus (mode su). sukses dan di test sndconfig bisa
keluar suara orang ngomong ( sebelumnya di /dev/sound/dsp saya  -chown user-
juga udah coba chmod)

bentar, problem belum beres(panjang nih). abis itu saya coba mainin XMMS ngga
bisa. Iseng2x logout dan masuk lagi..setelah dicoba beberapa kali tanpa
ngutik2x dir /dev eh ternyata bisa keluar suaranya. aneh ngga ?

nah, sampai sini harusnya udah beres krn soundcard udah bisa keluar suara.
Tapi waktu restart Linux lagi ternyata kejadian diatas terulang lagi. dan
anehnya lagi direcktori /dev/dsp yg udah saya hapus (dengan rmdir /dev/dsp)
bisa muncul secara ajaib dan sampai sekarang saya belum tahu kenapa.

yah begini masalah yg saya hadapi. mungkin ada rekan2x yg bisa berbagi
ilmunya buat mecahin masalah ini ?

atau mungkin kalau mau ganti hardware ada hal hal yg harus dibersihkan atau
disetting ulang ?

thanks in advance
adwin

notes : soundcardnya udah di cek di mandrake.com dan udah disupport drivernya.
Btw, gimana cara install ALSA driver ? mana yg bagus, ALSA atau Open Sound
(OSS) ?