On Fri, Nov 08, 2002 at 09:46:59AM +0700, Donal wrote:

>1. Bagaimana menjaga agar server linux tdk bisa di scan, atau disusupi.
>Apakah cukup dengan ipchain ? atau ada alternatif lain.

ipchains sudah cukup. Only accept services that are need to be accessed,
else drop.

>2. Setau saya, kalo di RH, ada /etc/services. Adakah yg bisa memperjelas
>fungsinya. Misalnya semua port di services tersebut ditutup kecuali http
>8080 dan ssh 22. Apakah berarti port lain tdk bisa dipakai / dibuka,
>sehingga tidak ada jalan buat masuk ke server tersebut kecuali melalui
>console dan ssh ?

Sebaiknya si /etc/services jangan diutak/ik. Mainkan saja services yg
akan dipakai dari xinetd atau FWnya.

>3. Apakah ssh cukup aman? sebab beberapa kali saya lihat log, ada tulisan
>yang menyebutkan  ada yang coma masuk sebagai ROOT tapi password failed.
>Apakah seharusnya port ssh ditutup juga?

Set "PermitRootLogin" ke "no" pada sshd_config nya. Restart service sshd
nya.

HTH,

-kum

--
  cat: $HOME/.signature: No such file or directory