Bung Brewok....hahahaha, emang you khan yang mengundang
Muskitawati......hehehe.....

si Brewok <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  --- In mayapadaprana@yahoogroups.com,
Muhammad Arif Darmawa
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   KITA TERLALU BODOH berdebat kusir mengenai agama, tetapi lupa
akan esensi beragama, padahal milis kita ini adalah milis "mayapada
prana"....

>   Saya tertarik masuk milis ini karena keberagamannya, tetapi
kenapa si Muskitawati dan temen-temannya masuk, kondisi menjadi
seperti ini.....

Brewok :
Bung Arif, dalam keberagaman kita mungkin bertemu dengan orang-orang
yang sepemahaman, mungkin pula tidak. Jika milis ini hanya diisi
oleh orang-orang yang sepemahaman dengan anda, yang selalu mendukung
anda, yang akan "memeluk" ketika anda merasa tidak nyaman, yang
saling menguatkan, ... lalu apa yang bisa anda dapatkan dari situ?
Mengasihi orang-orang yang demikian itu gampang sekali. Kita tahu
percis bagaimana berinteraksi dengan mereka.

Namun jika kita juga bertemu dengan orang-orang yang tidak
sepemahaman, yang sering memaksakan kehendaknya, yang tanpa tedeng
aling2 berkata seenak udelnya, aha... itu dia ujian yang sebenarnya.
Saya pribadi bersyukur menghadapi orang2 yang demikian, karena orang-
orang tsb memaksa semua yang terbaik dari diri saya tampil ke
permukaan.

Untuk sampai ke tahap "memaksa semua yang terbaik tampil ke
permukaan" itu ada prosesnya. Untuk itu saya mengajak semua kawan2
di milis ini yang katanya gemar bermeditasi, gemar berpuasa,
berdzikir, berjappa mantra, bernamasmaran, yang sering larut dalam
kehidupan spiritual agar mau melongok ke dalam cermin yang ada di
hatinya. Jika sejumput kata2 (apalagi kata2 yang ditulis dalam dunia
maya) bisa membuat anda "beringas" , lalu apa yang salah dengan
diriku... Apa yang membuat aku begitu marah.... Apa yang ada
di "dalam" sana yang masih harus aku perbaiki?

Ada cerita bagus dari Anthony de Mello, demikian saya kutip:
"Seorang prajurit baru saja pulang dari medan pertempuran yang amat
mengerikan. Ia pulang ke kampungnya dengan pakaian lusuh dan compang
camping. Ketika hampir sampai di rumahnya, sekelompok anak remaja
yang mengira ia gembel lalu mengejek dan melemparinya dengan
kerikil.  Terbitlah amarah dari prajurit ini melihat kelakuan anak2
itu. Tapi ia segera teringat bahwa baru saja ia mengalami hal yang
jauh lebih dahsyat. Ia melihat teman2 baiknya berguguran dengan
tubuh yang tercerai berai, ia mendengar desingan peluru dan ledakan
bom tiap hari yang sering jatuh tidak jauh dari fox-hole nya.
Mengingat itu, sang prajurit hanya tersenyum saja melihat kelakuan
anak2 tsb. Aku sudah melihat kengerian yang sebenarnya, yang
diakibatkan oleh kemarahan manusia-manusia gila perang. Sedikit
lemparan batu tidak akan membuat aku terluka."

Salam hangat dari Bandung.

Quotes :
"Religion is a set of social and political institutions and spirituality is a
private pursuit which may or may not take place in a church setting."
- D. Patrick Miller -