Naomi telah rela mengorbankan mahkota kesuciannya untuk Eddy, begitu
juga masa mudanya dia, dimana dia berpacaran dengan Eddy selama lima
tahun lebih, tetapi kenyataan disamping Naomi, Eddy masih memiliki
perempuan lainnya. Hal inilah yang membuat Naomi ngambek dan dalam
keadaan emosi ia telah memutuskan hubungannya dengan Eddy. Naomi
merasa sangat menyesal atas keputusan ini sehingga walaupun
kejadiannya telah bertahun-tahun yang lampau, tetapi rasa
menyesalnya tidak pernah bisa hilang. Hal ini membuat Naomi selalu
sedih apabila mengingat kejadian tsb.

Perasaan menyesal adalah perasaan yang paling sering dibahas setelah
cinta. Pada umumnya orang menyesal atas keputusan atau pilihan yang
salah. Coba dahulu (If only) Gw kawin dengan si Ucup hidup Gw kagak
bakalan sengsara seperti sekarang ini. Coba dahulu Gw memilih
jurusan ini pasti Gw sudah jadi kaya. Orang menyesal karena memilih
pasangan hidup yang salah, memilih karier atau sekolah yang salah,
memilih mobil/barang yang salah dan bisa juga menyesal karena telah
melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin ia lakukan, tetapi
dalam keadaan emosi atau tidak sadar ia melakukan hal tsb.

Memang dengan mudah dan gagah kita bisa mengucapkan:
"Mati takkan menyesal, luka takkan menyiuk"
tetapi kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, jutaan manusia di dunia
ini merasa menyesal atas keputusan maupun pilihan yang telah mereka
lakukan , walaupun sebenarnya tidak ada alasan bagi mereka untuk
menyesal, sebab yang memilih dan mengambil keputusan adalah mereka
sendiri, jadi wajarlah kalau mereka yang harus menanggung akibatnya.

Tempat dimana paling banyak orang menyesal adalah di penjara, yang
satu menyesal karena telah melakukan kesalahan sedangkan yang lain
menyesal kok sampai bisa sampai masuk bui begitu !

Orang menyesal bisa terjadi karena telah melakukan sesuatu atau
karena tidak melakukan sesuatu. Naomi menyesal karena telah
memutuskan hubungannya; sedangkan si Pulan menyesal karena tidak
melanjutkan sekolahnya. Kejadian-kejadian tsb dalam bahasa kerennya
lebih dikenal dengan nama "counterfactual thinking" atau memikirkan
hal yang berlainan dengan kenyataan, sambil berandai-andai "if
only", coba Naomi tidak memutuskan hubungannya dengan Johny pasti ia
sudah punya keluarga yang bahagia.

Pada saat Olympiade sipemenang medali perak merasa menyesal dan
berandai-andai coba Gw lari lebih cepat dikit azah pasti Gw udah
jadi juara utama. Hal ini disebut sebagai "Upward Counterfactual"
atau berandai-andai dengan melihat keatas. Sedangkan si pemenang
medali perungu merasa bahagia coba kalho Gw lari lebih lambat dikit
azah pasti Gw kalah, jadi dalam hal ini ia berandai-andai dengan
melihat kebawah. Hal ini disebut "Downward Counterfactual

Maka dari itu salah satu obat pelipur lara pada saat kita menyesal
sebaiknya kita jangan melihat keatas melainkan melihat kebawah –
Downward Counterfactual. Apakah Naomi bisa membina keluarga bahagia
apabila ia tidak putus dengan Johnny, belum tentu, bahkan mungkin
akan disakiti terus menerus seumur hidupnya, jadi sebenarnya lebih
baik putus daripada disakiti terus-menerus.

Dalam soal esek-esek pemikiran pria dan perempuan berbeda, perempuan
kebanyakan menyesal karena telah melakukan hubukan sek pranikah,
sedangkan banyak pria merasa menyesal karena tidak melakukan
hubungan sek sebelumnya nikah.

Pada umumnya orang merasa jauh lebih menyesal di dalam kehidupannya
untuk hal-hal yang tidak pernah ia lakukan. Seandainya dahulu saya
berani mengambil keputusan untuk buka usaha sendiri, pasti tidak
bakal hidup kere seperti sekarang ini ! Seandainya saya mau memilih
jurusan IT pasti saya tidak akan jadi pengangguran ! Seandainya aku
tidak terlalu banyak memilih, pasti aku tidak jadi perawan tua.
Perasaan menyesal untuk hal yang tidak dilakukan pada umumnya jauh
lebih lama daripada untuk hal-hal yang telah dilakukan.

Perasaan menyesal itu bisa juga timbul bersamaan dengan perasaan
bersalah, banyak orang menyesal karena tidak melakukan sesuatu untuk
orang yang mereka kasihi. Hal ini baru mereka sadari setelah orang
yang mereka kasihi tsb meninggal dunia, sehingga tidak mungkin bisa
di ulang balik ataupun diperbaikinya.

Sedangkan rasa menyesal untuk hal yang telah dilakukan jauh lebih
cepat hilangnya. Aku nyesal karena telah mengatakan perkataan kasar.
Aku nyesal karena telah beli tas yang mahal.

Oleh sebab itulah sebagai prinsip dan pegangan utama bagi mang Ucup,
pada saat saya bimbang untuk mengambil keputusan, lebih baik
mengambil keputusan yang salah daripada menghindar. Walaupun
demikian dalam soal hubungan antar sesama manusia sebaiknya jangan
mengambil keputusan yang final, kalau ribut sedikit langsung minta
cerai ataupun putus seperti juga pepatah apabila sangkar burung
telah kita tutup jangan harap burung tsb akan bisa dan mau balik
lagi.

Rasa menyesal dalam soal apapun juga tidak akan berakibat fatal
seperti kalau salah memilih agama, sebab menyesal setelah itu adalah
sesalan abadi yang tidak akan bisa diperbaiki lagi, sebab percuma
azah lho nyani "If only I believe " pada saat lho dipanggang di api
neraka ! Kagak ada yg bisa nolong lho lagi ! Sampai jadi keripik
gosong lho bakal ada disitu terus ! For ever & ever tuh !

Dan apakah Anda tahu bahwa bukan hanya sekedar manusia saja yang
mempunyai masalah "counterfactual thinking" dan rasa menyesal ini,
melainkan Sang Pencipta juga pernah mengalami hal yang sama seperti
umat-Nya. Setelah Allah menciptakan manusia, dikirimkan-Nya-lah Air
Bah dan dalam Kitab Suci tercantum "maka MENYESAL-lah Tuhan, bahwa
Ia telah menjadikan manusia di bumi" (Kejadian 6:6).

Sedangkan lagu paforitnya para WIL atau PIL adalah lagunya dari
Rolling Stones: "If Only You Were Lonely".

Maranatha
Mang Ucup – The Drunken Priest
Email: [EMAIL PROTECTED]
Homepage: www.mangucup.net

Quotes :
" Spirituality is essentially a journey within. You need no preparations, no
luggage to carry - nothing absolutely. What you need is just : LOVE ! And this
Love, can only come as an after effect of self-actualization, achieved though
the practice of meditative way of life."