Hello Hendradi Walujo and all MDaemon-L ListMember,

On  Mon,  13  Nov 2000 at 10:16:01 GMT +0700 (which was 13/11/2000 10:16
where you think I live) you told to the list:

HW> Apa  bisa  ya,  Mdaemon saya install di 2 tempat yang terpisah, yang
HW> satu  untuk  menangani  hanya SMTP saja, dan yang satunya hanya POP3
HW> saja ?

Ya.
Untuk MDaemon 2.x, Anda bahkan bisa install lebih dari 1 MDaemon di satu
PC/Server,  yg  penting  setiap  MDaemon  di  "binding" ke ip address yg
berbeda  (saat  ini  saya  sendiri install multi instance (4) MDaemon di
Server yg sama).

HW> Masalahnya  begini  pak, saya hosting untuk email @ceriaworley.co.id
HW> di  ISP  "X",  dial-up menggunakan CBN, juga untuk SMTP saya gunakan
HW> CBN. akhir-akhir ini, "retrieve" email di POP3 ISP "X" lambat sekali
HW> dengan  menggunakan  dial-up  CBN,  sehingga  saya  gunakan  dial-up
HW> Telkomnet Instan dan "retrieve" email berjalan dengan cepat.
HW> Tetapi saat SMTP ke CBN, ditolak oleh CBN karena login dan passwordnya
HW> bukan kepunyaan CBN.

Saat  koneksi ke Telkomnet Instan, gunakan "direct delivery", atau relay
melalui mailgate.telkom.net.id.
Sebenarnya kalau Anda juga menggunakan WinGate, hal ini dapat "diakali",
karena  di  WinGate  kita  bisa mengatur akan menggunakan SMTP mana saat
koneksi ke ISP tertentu.

HW> Sedangkan Telkomnet Instan sendiri tidak membolehkan email-email
HW> yang bukan @teklom.net untuk di transmit lewat SMTP nya.

Tentu saja begitu, setiap ISP pasti akan mensetting Client mana yg boleh
"relay"  melalui  Server  mereka,  umumnya  mereka  mensetting  berdasar
"trusted  ip".  Di  banyak  negara,  ISP-2x mulai menerapkan "POP before
SMTP"  atau  "SMTP Authentication", itu sebabnya MDaemon juga dilengkapi
dg  fasilitas  POP  Before SMTP dan SMTP Auhtentication (bahkan beberapa
Mailer memiliki fasilitas ini, misalkan saja The Bat! dll).

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Senin 13 Nopember 2000, 10:48:27 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 3.5.1 Beta C di NT4 SP6a