On 03/09/15 15:15, Mr Hendrik wrote:
> Iya di smarthost MD langsung aja tulis smtp.telkom.net:587
> <http://smtp.telkom.net:587>

Masalahnya bukan di isian smarthost pakai port 587 atau tidak, karena
mail sudah sukses terkirim ke smarthost.

Dulu memang smtp.telkom.net:587 dipakai khusus untuk pelanggan corporate
untuk relay dan diberikan username/password untuk authenticate; tetapi
sejak beberapa tahun terakhir tidak lagi diharuskan pakai
smtpauthentication.
Jadi boleh saja dicoba diisi smarthost : smtp.telkom.net:587

kalau pakai smarthost menu berikut wajib aktif

[x] Bounce message on 5xx errors from smart hosts

> di email client saya rasa ga perlu dirubah ke 587 deh biarin aja defaultnya

Itu perlu, untuk kemudahan mengatur jumlah session di MDaemon.
Port 25 diatur di smtp session, port 587 diatur di MSA session.

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/15.0/index.html?default-domain-and-servers_sessions.htm

MSA (smtp port 587) itu khusus untuk koneksi dari email client ke mail
server milik sendiri, karena butuh authenticate.

https://en.wikipedia.org/wiki/Mail_submission_agent

MDaemon-L Moderators, MDaemon 15.5-64 Beta RC3, SP 4.5.1-64

Kejujuran mrpkan dasar dari semua sukses, tanpa kejujuran ini
kepercayaan dan kemampuan utk melakukan apapun akan terhenti
        -- Mary Kay Ash