On 19/05/17 15:20, Agus Tarpindo wrote:
> Tetapi saya lihat di retry queue, remote queue dan sampai ke inbound queue
> tidak ada emailnya Pak. Biasanya kalau MD retry to send kan ada di retry
> queue ya Pak?

Kalau mail sedang proses pengiriman 60 menit pertama (first attempt
delivery) akan tampilnya di session SMTP out.
Yang tampil di remote queue adalah message yang sedang antri untuk dikirim.

Periksa ke smtp-out log untuk cari tahu apakah message itu sudah
terkirim (akhirnya) atau ada hal lain.

> Kira-kira email tersebut ada dimana ya Pak? ada apakah pasti akan retry Pak?

Tidak selalu, lihat diatas.
Yang ada di retry queue adalah message yang antri setelah pengiriman 60
menit pertama gagal.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.1-64, SP 5.1-64

Tell me and I forget. Teach me and I remember. Involve me and I learn.
        --- Benjamin Franklin