Pada 12/01/22 14.41, Sony Aditya menulis:
pakah belum menghubungi ISP ISP (lintasarta.net.id alias
idola.net.id) untuk tidak difilter?
Saya sudah sejak minggu kemarin menghubungi ISP dan open ticket ke idola
jakarta, namun hingga saya kirim email ini masih tetap terfilter.
Sepertinya tim teknis masih bingung dari sisi mana filter pipelining dan
starttls yang dimaksud.
Segala cara sudah saya sampaikan ke mereka termasuk memberikan link archive
terkait permasalahan member milis di email saya sebelumnya.
Namun hingga saat ini masih belum membuahkan hasil yang diinginkan. Bahkan
sempat salah tuning yang mengakibatkan kita sama sekali tidak dapat
mengirim/menerima email selama beberapa hari dan sangat mengganggu proses
bisnis.

Kelihatannya Anda tidak ketemu orang tepat di ISP.
Umumnya di ISP yang mengurusi Firewall, Router dan Bandwidth Manager adalah bagian Infrastruktur alias NOC (Network Operation Center) bukan bagian helpdesk atau callcenter.

Mohon bantuannya Pak Syafril agar saya dapat menyampaikan ke tim teknis dengan
bahasa yang paling sederhana dan mudah dimengerti agar masalah ini dapat segera
teratasi.

Sampaikan seperti ini permintaannya, kira-kira:

Saat ini kalau dari server mail.richtex.co.id kirim mail (atau telnet port 25) ke server diluar jaringan lintasarta.net.id dengan koneksi lintasarta.net.id tampilnya sbb:

c:\ telnet mail.obormachinery.com 25
220 piyabung.maintenis.com ESMTP
ehlo mail.richtex.co.id
250-piyabung.maintenis.com
250-AUTH=LOGIN CRAM-MD5 PLAIN
250-AUTH LOGIN CRAM-MD5 PLAIN
250 8BITMIME

Tetapi kalau pakai koneksi internet lain, misalkan pakai koneksi iconpln.net.id hasilnya seperti ini

$ telnet mail.obormachinery.com 25
Trying 103.229.73.203...
Connected to mail.obormachinery.com.
Escape character is '^]'.
220 piyabung.maintenis.com ESMTP
ehlo mail.richtex.co.id
250-piyabung.maintenis.com
250-AUTH=LOGIN CRAM-MD5 PLAIN
250-AUTH LOGIN CRAM-MD5 PLAIN
250-STARTTLS
250-PIPELINING
250 8BITMIME

Dari kedua data tersebut diatas, kami menyimpulkan bahwa outbound tcp port 25 mail server kami terfilter, karena tidak menampilkan response

250-STARTTLS
250-PIPELINING

Mohon kiranya agar outbound tcp port 25 server mail.richtex.co.id [182.23.69.132] tidak difilter.

Untuk incoming port 25 normal, tidak ada masalah

Catatan:
Kalau ingin bantuan yang lain, saat kirim mail ke ISP bisa di cc: kan ke supp...@dutaint.co.id agar kalau ada yang salah mengerti di sisi ISP bisa dibantu menjelaskan.

-------------

Boleh juga kalau Anda kasih kasus lain, misalkan telnet ke server gmail.com atau yang lain

c:\ gmail-smtp-in.l.google.com 25

C:\ telnet outlook-com.olc.protection.outlook.com 25

yang hasil diharapkan seperti ini

$ telnet gmail-smtp-in.l.google.com 25
Trying 74.125.130.26...
Connected to gmail-smtp-in.l.google.com.
Escape character is '^]'.
220 mx.google.com ESMTP d21si1966604pgd.414 - gsmtp
ehlo mail.richtex.co.id
250-mx.google.com at your service, [103.141.180.222]
250-SIZE 157286400
250-8BITMIME
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-PIPELINING
250-CHUNKING
250 SMTPUTF8

$ telnet outlook-com.olc.protection.outlook.com 25
Trying 104.47.9.33...
Connected to outlook-com.olc.protection.outlook.com.
Escape character is '^]'.
220 VE1EUR03FT047.mail.protection.outlook.com Microsoft ESMTP MAIL Service ready at Wed, 12 Jan 2022 08:23:36 +0000
ehlo mailrichtex.co.id
250-VE1EUR03FT047.mail.protection.outlook.com Hello [103.141.180.222]
250-SIZE 49283072
250-PIPELINING
250-DSN
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-STARTTLS
250-8BITMIME
250-BINARYMIME
250-CHUNKING
250 SMTPUTF8

BTW. Cara menyalin text dari dos shell bisa pakai edit mode atau clip utility

https://www.howtogeek.com/howto/windows-vista/copy-to-the-clipboard-from-the-windows-command-prompt/

https://www.winhelponline.com/blog/copy-command-prompt-output-clipboard-save-file/#copyedit

--------
Syafril Hermansyah
MDaemon-L Moderators, running MDaemon 21.5.2 64 bit Beta A

I never did anything by accident, nor did any of my inventions come by accident; they came by work.
--- Thomas Alva Edison