tambahan lagi. semoga bermanfaat

--
Muhammad Haryo
http://anc.zendurl.com
Jika email ini masuk folder spam/ bulk/ junk, harap tandai sebagai NOT spam/
bulk/ junk

*Definisi Salaf secara Istilah*

Istilah Salaf dikalangan para 'ulama mempunyai dua makna ; secara khusus dan
secara umum.

Pertama : Makna Salaf secara khusus adalah generasi permulaan ummat Islam
dari kalangan para shahabat, Tabi'in (murid-murid para Shahabat), Tabi'ut
Tabi'in (murid-murid para Tabi'in) dalam tiga masa yang mendapatkan kemulian
dan keutamaan dalam hadits mutawatir yang diriwayatkan oleh Imam Bukhary,
Muslim dan lain-lainnya dimana Rasulullah shollallahu 'alahi wa alihi wa
sallam menyatakan :

*خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ
يَلُوْنَهُمْ*

"Sebaik-baik manusia adalah generasiku kemudian generasi setelahnya kemudian
generasi setelahnya".

Makna khusus inilah yang diinginkan oleh banyak 'ulama ketika menggunakan
kalimat Salaf dan saya akan menyebutkan beberapa contoh dari perkataan para
'ulama yang mendefinisikan Salaf dengan makna khusus ini atau yang
menggunakan istilah Salaf dan mereka inginkan dengannya makna Salaf secara
khusus.

Berkata *Al-Bajury* dalam *Syarah Jauharut Tauhid* hal. 111 : "Yang dimaksud
dengan salaf adalah orang-orang yang terdahulu dari para Nabi dan para
shahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka".

Berkata *Al-Qolasyany* dalam *Tahrirul Maqolah Syarah Ar-Risalah* :
"As-Salaf Ash-Sholeh yaitu generasi pertama yang mapan di atas ilmu, yang
mengikuti petunjuk Nabi shollahu 'alahi wa alihi wa sallam lagi menjaga
sunnah-sunnah beilau. Allah memilih mereka untuk bershahabat dengan Nabi-Nya
dan memilih mereka untuk menegakkan agama-Nya dan mereka itulah yang
diridhoi oleh para Imam ummat (Islam) dan mereka berjihad di jalan Allah
dengan sebenar-benar jihad dan mereka mencurahkan (seluruh kemampuan mereka)
dalam menasehati ummat dan memberi manfaat kepada mereka dan mereka
menyerahkan diri-diri mereka dalam menggapai keridhoan Allah".

Dan berkata Al-Ghazaly memberikan pengertian terhadap kata As-Salaf dalam
Iljamul 'Awwam 'An 'ilmil Kalam hal. 62 : "Yang saya maksudkan dengan salaf
adalah madzhabnya para shahabat dan Tabi'in".

Lihat *Limadza Ikhtartu Al-Manhaj As-Salafy* hal. 31 dan *Bashoir Dzawisy
Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf* hal. 18-19.

Berkata *Abul Hasan Al-Asy'ary* dalam Kitab *Al-Ibanah Min Ushul Ahlid
Diyanah* hal. 21 : "Dan (diantara yang) kami yakini sebagai agama adalah
mencintai para 'ulama salaf yang mereka itu telah dipilih oleh Allah 'Azza
Wa Jalla untuk bershahabat dengan Nabi-Nya dan kami memuji mereka
sebagaimana Allah memuji mereka dan kami memberikan loyalitas kepada mereka
seluruhnya".

Berkata *Ath-Thohawy* dalam *Al-'Aqidah Ath-Thohawiyah* : "Dan ulama salaf
dari generasi yang terdahulu dan generasi yang setelah mereka dari kalangan
Tabi'in (mereka adalah) Ahlul Khair (ahli kebaikan) dan Ahli Atsar (hadits)
dan ahli fiqh dan telaah (peneliti), tidaklah mereka disebut melainkan
dengan kebaikan dan siapa yang menyebut mereka dengan kejelekan maka dia
berada di atas selain jalan (yang benar)".

Dan *Al-Lalika`i* dalam *Syarah Ushul I'tiqod Ahlis Sunnah Wal
Jama'ah*jilid 2 hal. 334 ketika beliau membantah orang yang mengatakan
bahwa Al-Quro
dialah yang berada dilangit, beliau berkata : "Maka dia telah menyelisihi
Allah dan Rasul-Nya dan menolak mukjizat Nabi-Nya dan menyelisihi para salaf
dari kalangan Shahabat dan tabi'in dan orang-orang setelahnya dari para
'ulama ummat ini".

Berkata *Al-Baihaqy* dalam *Syu'abul Iman* jilid 2 hal. 251 tatkala beliau
menyebutkan pembagian ilmu, beliau menyebutkan diantaranya : "Dan mengenal
perkataan-perkataan para salaf dari kalangan shahabat, Tabi'in dan
orang-orang setelah mereka".

Dan berkata *Asy-Syihristany* dalam *Al-Milal Wa An-Nihal* jilid 1 hal. 200
: "Kemudian mengetahui letak-letak ijma' (kesepakatan) shahabat, Tabi'in dan
Tabi'ut Tabi'in dari Salafus Sholeh sehingga ijtihadnya tidak menyelisihi
ijma' (mereka)".

Berkata *Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah* dalam *Bayan Talbis
Al-Jahmiyah*jilid 1 hal. 22 : "Maka tidak ada keraguan bahwasanya
kitab-kitab yang
terdapat di tangan-tangan manusia menjadi saksi bahwasanya seluruh salaf
dari tiga generasi pertama mereka menyelesihinya".

Dan berkata *Al-Mubarakfury* dalam *Tuhfah Al-Ahwadzy* jilid 9 hal. 165 :
"…Dan ini adalah madzhab Salafus Sholeh dari kalangan shahabat dan Tabi'in
dan selain mereka dari para 'ulama -mudah-mudahan Allah meridhoi mereka
seluruhnya-".

Dan hal yang sama dinyatakan oleh *Al-'Azhim Abady* dalam *'Aunul
Ma'bud*jilid 13 hal. 7.

Kedua : Makna salaf secara umum adalah tiga generasi terbaik dan orang-orang
setelah tiga generasi terbaik ini, sehingga mencakup setiap orang yang
berjalan di atas jalan dan manhaj generasi terbaik ini.

Dan berkata *Al-'Allamah Muhammad As-Safariny Al-Hambaly* dalam *Lawami'
Al-Anwar Al-Bahiyyah Wa Sawathi' Al-Asrar Al-Atsariyyah* jilid 1 hal. 20 :
"Yang diinginkan dengan madzhab salaf yaitu apa-apa yang para shahabat yang
mulia -mudah-mudahan Allah meridhoi mereka- berada di atasnya dan para
Tabi'in yang mengikuti mereka dengan baik dan yang mengikuti mereka dan para
Imam agama yang dipersaksikan keimaman mereka dan dikenal perannya yang
sangat besar dalam agama dan manusia menerima perkataan-perkataan mereka…".

Berkata *Ibnu Abil 'Izzi* dalam *Syarah Al 'Aqidah Ath-Thohawiyah* hal. 196
tentang perkataan Ath-Thohawy bahwasanya Al-Qur`an diturunkan oleh Allah
Subhanahu Wa Ta'ala : "Yakni merupakan perkataan para shahabat dan yang
mengikuti mereka dengan baik dan mereka itu adalah Salafus Sholeh".