Saya agak ragu dengan keterangan saya soal Gereja Timur yang
berkembang di Eropa Timur. Mungkin lebih tepat yang di Eropa Timur
itu: Eastern Rites Catholicism.
Mengenai Gereja Timur dimaksud, saya kira termasuk didalamnya Gereja
Ortodoks Yunani dan Gereja Ortodoks Syria yang bukan di Eropa Timur.
Maaf saya tidak begitu familiar dengan Gereja Timur.

Salam,
Ida Khouw

--- In mediacare@yahoogroups.com, "idakhouw" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Oya Manneke, sedikit koreksi saja:
>
> Perpecahan (skisma) besar gereja itu terjadi 2 kali. Sebelum Luther
> (tahun 1500-an) terjadi skisma pertama (di abad 11): perpecahan
> menjadi Gereja Katolik Roma (Gereja Barat) di Eropa Barat dan Gereja
> Ortodoks Timur (Gereja Timur) di Eropa Timur.
> Kalau tak salah perpecahan itu akibat Gereja2 yang kemudian jadi
> Gereja Timur itu tidak mau mengakui Uskup Roma (Paus) sebagai kepala
> gereja.
>
> Di Wikipedia ada skema perpecahan itu
> http://en.wikipedia.org/wiki/Schism_%28religion%29
>
> Salam,
> [...]