Dear All.

Saya, Ade Armando, baru saja dapat mengakses kembali internet. Saya
menggunakan speedy, tapi ternyata malah sering bermasalah. Akibatnya tidak
bisa masuk ke dalam diskusi di milis-milis ini. Mungkin ada masalah dengan
komputer saya.

Anyway, saya baru bisa membaca kembali begitu banyak komentar soal
pernikahan saya.
Saya tentu nggak bisa mengomentarinya satu per satu.
Karena itu ada baiknya saya gabung saja dalam satu surat ini  kepada Anda
semua:

1. Terimakasih buat semua komentar Anda. Bagi Anda yang menunjukkan
simpati, pengertian, atau berusaha memahami keputusan saya dan meminta
agar orang tidak terlalu jauh jampur tangan dalam hidup saya, saya ucapkan
terimakasih sebesar-besarnya. Anda tidak akan pernah tahu betapa
berartinya pernyataan-pernyataan Anda itu.

2. Kepada Anda yang mengkiritk keputusan saya untuk melakukan poligami,
saya juga harus berterimakasih. Saya percaya Anda mengkritik dengan niat
baik. Lebih dari itu, barangkali 90% dari argumen Anda sebenarnya saya
setujui. Tapi pada wilayah tertentu, kita berbeda pendapat. Mudah2an kita
cukup comfortable untuk menerima kenyataan bahwa memang tidak semua hal
bisa dipaksakan sama. Kalau kita berupaya melakukan penunggalan
penafsiran, saya kuatir kita sebenarnya sedang mengkhianati keberagaman.

3. Kepada Anda yang dengan sengaja berusaha menghina saya, Nina dan Citra,
saya akan katakan: go to hell! Kita semua harus menghargai kebebasan
berpendapat dan berekspresi, tapi tidak termasuk di dalamnya kebebasan
untuk menghina orang lain.

Saya berutang kepada banyak peserta milis untuk memamparkan cara pandanga
saya mengenai poligami secara lebih utuh. Mudah2an bisa saya sajikan dalam
waktu dekat.

Salam. May you all have a better life!

ade armando

Kirim email ke