From: milis-nakita@news.gramedia-majalah.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]On Behalf Of Aris Sujarwo
Sent: Friday, July 21, 2006 10:30 AM
To: milis-nakita List Member
Subject: [milis-nakita] suntik TT {01}

Berikut yang pernah ditanyakan oleh pembaca nakita pada pengasuh rubrik Tanya Jawab Kebidanan & Kandungan.

SUNTIKAN TT UNTUK IBU HAMIL

Saat ini saya (25) sedang mengandung. Waktu menikah, saya belum pernah dapat suntikan TT. Sekarang setelah kehamilan saya tiga bulan, ingin mendapat suntikan tersebut. Bolehkah suntikan TT dilakukan setelah hamil? Apakah kegunaan suntikan TT, juga untuk ibu hamil? Di mana suntikan TT dapat dilakukan dan oleh dokter apa? Terima kasih.

Nurjannah - Jakarta Barat

Imunisasi TT (tetanus toksoid) bertujuan terutama melindungi bayi baru lahir dari kemungkinan terkena kejang akibat infeksi pada tali pusat (tetanus neonatorum). Imunisasi ini harus diberikan melalui ibunya, karena janin belum dapat membentuk kekebalan sendiri. Di Indonesia pemberian imunisasi TT dianjurkan dimulai pada pasangan yang hendak menikah atau ibu hamil. Sayang, ada informasi salah mengenai imunisasi ini; ada yang mengatakan sebagai upaya untuk mencegah kehamilan atau dapat menyebabkan kemandulan. Pada tabel di bawah ini dapat dilihat waktu pemberian imunisasi TT pada wanita hamil dan manfaat perlindungannya.

Antigen Selang waktu minimal Lama Perlindungan Persentase Perlindungan
TT-1 Saat pertama kali periksa kehamilan Tak ada Tak ada
TT-2 4 minggu setelah TT-1  3 tahun 80
TT-3 6 bulan setelah TT-2  5 tahun 95
TT-4 1 tahun setelah TT-3 10 tahun 99
TT-5 1 tahun setelah TT-4 25 tahun/seumur hidup 99

Bila wanita usia subur melakukan imunisasi TT-1 dan TT-2, jika dalam waktu tiga tahun ia melahirkan, bayi yang dilahirkan akan terlindung dari tetanus neonatorum. Sedangkan bila ia melakukan imunisasi sampai dengan TT-5, ia akan memberi perlindungan selama 25 tahun atau seumur hidup. Imunisasi TT dapat dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan pemerintah, praktek bidan atau RS swasta.