----- Original Message -----
From: apfindo
Sent: Monday, August 14, 2006 4:15 PM
Subject: Masalah Belajar dan Baca

Yth. Anggota Milis,

Saya punya anak laki-laki berusia 6 tahun 6 bulan dan saat ini duduk di kelas 1 SD.
Saat ini baca belum lancar masih di eja per suku kata. Sementara anak SD kelas 1 saat ini sdh hampir bisa baca. Di kelasnya sendiri yang terdiri dari 28 orang satu kelas hanya 3 orang yang belum lancar baca. Anak saya ini di samping belum lancar baca dia susah sekali diajak belajar, maunya masih main-main terus. Dan apabila diajak belajar dan dia mau konsentrasinya cuma sebentar. Kadang-kadang katanya kalu gurunya ngajar dia tidak mau dengar. Kelihatannya minat dan semangat belajarnya belum timbul, jadi belajar dan sekolah itu seolah-olah beban baginya, tidak hal yang menyenangkan.  Di samping itu setiap pagi dia malas untuk mandi dan sekolah, akan tetapi kalau sudah selesai mandi dia mau sekolah.

Bagaimana saya seharusnya menghadapi anak yang seperti ini, ke dokter mana seharusnya saya bawa. Atau apakah perlu diterapi ataukah ditekankan untuk olahraga seperti sepakbola, basket, dsb. Ataukah anak saya ini saya paksa juga untuk belajar.
Mohon bantuannya. Terima kasih.

Rina