Pak Andri,

Saya kutipkan email dari dokter di bawah ini, tentang Kelenjar getah
bening & ganglion.

Semua orang punya Kelenjar Getah Bening (KGB) sebagai salah satu upaya
pertahanan tubuh.
Pada bayi dan anak, KGB di kepala memang lebih teraba karena bayi-
batita kan sering kena ISPA, batuk pilek. Setiap kali anak kena batuk
pilek ISPA, KGB nya pasti membesar karena mereka mesti kerja aktif. Lalu
kempes lagi meski tetap teraba.

Ganglion itu merupakan herniasi atau keluarnya cairan siniovial dalam
bentuk kista/gelembung yang berasal dari sendi atau tendon (urat).
Semacam daging tumbuh gitu..

umumnya ganglion itu tidak diterapi, kecuali bila ada keluhan seperti
nyeri atau umumnya lebih ke arah kosmetik.

operasi pengangkatan ganglion ini relatif sulit dan perlu kesabaran...
karena letaknya jauh didalam berbeda dengan tumor lain yang
dipermukaan...
umumnya ganglion itu letaknya disedi (pada tulang) jadi saat
pengangkatan itu perlu dibuka selapis demi selapis mulai dari kulit
hingga meleewati tendon kemudian hingga ke dasar gangglion yaitu
dipermukaan sendi...
ganglion akan diikat tepat diatas permukaan atau dasar ganglion...
Setelah tu cairannya di sedot... jaringannya dipotong ... kemudian
bekasnya dijahit rapat... operasi ganglion ini disarankan diruang
operasi mengingat waktu yang lama dan pasien perlu dilakukan anestesi
lokal berkali-kalai, belum lagi risiko seperti terpotongnya tnedon atau
pembuluh darah...

kalau dokter umum, biasanya hanya disedtot saja dan ini umumnya akan
bisa cepat tumbuh kembali.

mengingat risikonya maka disarankan bila ganglion tidak mengganggu
sekali tidak perlu dioperasi.

Semoga membantu