Mba,

Kalau yang saya tahu dari hasil beberapa referensi, konsultasi dengan
dokter dan dari pengalaman pribadi, adalah sebagai berikut.
Batuk karena virus akan sembuh dalam 2 minggu. Jika lebih dari 2 minggu,
curigai batuk karena alergi.
Batuk yang perlu diwaspadai adalah batuk yang disertai sesak nafas,
megap-megap, kesulitan bernafas. Perlu diperhatikan juga behaviour /
kondisi klinis anak. Kalau dia masih aktif ya tidak perlu terlalu
khawatir dulu.

Pengalaman saya, kalo anak saya batuk, saya tidak pernah kasih obat
apa-apa. Paling kalau dia demam lebih dr 38,5 der saya kasih parasetamol
agar dia nyaman saja. Tujuannya agar dia nyaman, krn selama virusnya msh
ada wajar kan kalau demam, dan demam itu kan dibutuhkan utk memerangi
benda asing yg masuk ke tubuhnya. Selain parasetamol biasanya saya
tambah berendam di air hangat. Membantu lho...
Treatmentnya adl perbanyak ASI, air putih, kuah2an yg hangat2, pokoknya
tingkatkan asupan cairan deh. Lalu makannya juga, biar sedikit2 (solanya
kan lagi sakit, pasti gak selera makan), tapi usahakan bisa masuk.
Ruangan tidur juga dibuat lebih lembab.
Gak lama pasti sembuh sendiri.
Walapun mungkin ada juga ortu yg berpendapat, wah... Lama amet nunggu 2
minggu gak sembuh2...
Kalau pendapat saya, mendingan saya sabar mendampingi batuknya daripada
anak saya makan obat2an yg sebenarnya dia tdk butuh.

Begitu juga kalau pilek. Saya tdk pernah kasih obat apa2, pasti sembuh
sendiri. Obatnya ya itu tadi, perbanyak ASI, jaga asupan makanan,
ruangan dibuat lembab, atau kalau perlu pakai uap panas yg ditetesi
minyak kayu putih & dihirup.

Pernah dulu anak saya batuk lebih dari 2 mgg. Saya observasi,  saya
suspek bahwa kali ini dia batuk krn alergi. Saya amati, saya perhatikan
pola batuknya, behaviour anaknya, lalu saya baca2 lagi jenis2 batuk &
penanganannya. Lalu saya konsultasi dengan dokter (dr. Alan, thanks
ya...). Dugaan saya dia batuk krn alergi dikuatkan oleh dokter.
Treatment yg dilakukan adl hindari pemicunya. Memang tdk mudah mencari
pemicunya apa. Tapi setelah ketemu, dan dihindari lalu anak saya sembuh.

Memang jadi agak lama. Tapi alhamdulillah dia sembuh tanpa obat macem2.

Yang perlu kita perhatikan di sini adalah pelajari tentang dasar2 common
problem pada anak, jadi kita bisa diskusi dgn dokter. Lalu perhatikan
behaviour anak, kondisi klinis anak. Yg penting lagi, usahakan agar tdk
panik kala anak sakit. Sehingga kita bisa tetap bertindak rasional.

Sorry jadi kepanjangan ...