Dear Ibunya Rafi,

Kebetulan saya mempunyai anak yang umurnya sama 4 bulan dengan Rafi, dan
tingkah lakunya juga sama seperti itu, suka ngemut jempol, kelingking, dll,
dikasih mainan yang di gigit juga tidak mau. Ibunya di Rumah dan ia Full 100%
ASI.

Saya sudah konsultasi ke dokter tentang hal ini dan dia bilang itu siklus yang
wajar namun sebisa mungkin mulai hindarkan dengan cara yang halus, atrik
tangannya  (tidak memaksa & tidak memukul)dan bicara dengan dia. Kemungkinan
penyebabnya gusi anak itu sudah mulai gatal dan anak itu mulai bisa merasakan
lapar.

Solusi :
1. Sebisa mungkin jika anak mau ngemut jari di tolak dengan cara yang halus,
sehingga lama kelamaan dia capek sendiri
2. Beri mainan pengganti untuk anak anda)

Itu adalah hal yang saya lakukan, dan alhamdulilah agak berkurang.

Mudah-mudahan bisa membantu :)

Ayahnya Sheva