Thx banget Mbak Yuli atas masukannya.
Sejak Yoel mulai makan saya memang selalu membuat makanan sendiri Mbak. Dari
bubur susu sampai sekarang nasi tim. Saya mulai tergoda memberi makanan instan,
ya sejak ia mulai agak susah makannya. Eh....lha kok lahap. Lalu, saya icipin
makanan instan tadi ternyata ada rasanya. Saya menyimpulkan kalau ia sudah
ingin makanan berasa. Jadilah, saya mengambil keputusan yang kurang bijak tadi.
Dalam pikiran saya, pokoknya ia mau makan.

Malam minggu kemarin, waktu saya konsul, DSAnya Yoel juga tidak menyarankan
penambahan garam dan kecap. Kalau mau dikasih, sedikiiiiiiiit aja katanya.

Pagi tadi saya langsung mencobanya. Tetap dengan bumbu tetapi tanpa garam.
Memang sih, dia kelihatan kurang suka. Makannya jadi luaaamaaa buangeet. Satu
jam lebih. Tetapi tetap habis. Mungkin baru  penyesuaian. Mudah-mudahan  besok
dia sudah terbiasa.

Sekali lagi, terima kasih Mbak Diah dan Mbak Yuli atas masukkannya.
Keep learning to be smart parents!!!!

Salam,
Sari
Yuliana Dewi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:       Dear  mba Sari

 Jangan membandingankannya dengan makanan instan dong, intinya kan kita
inginkan yg terbaik untuk anak kita, makanya kita mau "susah-susah" bikin
makanan sendiri. Saya kira kalo mba sudah tau efek negatif gula/garam ya
mending  jangan pake, sebenernya kan jangankan untuk bayi, untuk orang dewasa
aja  sebaiknya dikurangi.
 Untuk menambah rasa pada makanan bayi, bisa ditambahkan bumbu yg tadi mba
sebutkan, juga yg lain misalkan daun salam, bawang merah, jahe untuk
menghilangkan amis. Kalo saya dulu, kalo bikin makanan yg gurih saya pake
kaldu,  sedang kalo yg manis pake manisnya buah-buahan. Trus untuk asupan
proteinnya,  saya kira nggak harus protein hewani, bisa juga dikasih tempe atau
tahu. Saya  ingat teman saya, anaknya alergi dengan apa aja yg namanya protein
hewani  kecuali sedikit ikan air tawar sehingga sampai usia 1 tahun, hampir
tiap hari  proteinnya didapat dari tempe/tahu, dan saya liat perkembangannya
oke-oke  aja.

 -yuli-