From: ne@news.gramedia-majalah.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Dr. J.S Wibisono, Sp.A / TOMI
Sent: Tuesday, March 28, 2006 11:22 PM
To: milis-nakita List Member
Subject: [milis-nakita] vitamin bayi {03}

Kepada Nakiters,

10-30 % bayi dibawah 1 tahun di Dunia ini mengalami kekurangan zat besi yang marginal (ringan) sampai berat, puncaknya pada usia 9 bulan - 1 tahun. (hal ini karena darahnya naik 300 %, dari 3,5 kg menjadi 10 kg dalam tahun pertama, sehingga kebutuhan zat besi sangat besar, lebih besar dari yang bisa dia dapatkan dari makanan / minuman sehari hari). Itulah sebabnya semua susu formula dan makanan bayi di fortifikasi dengan zat besi.) (Apabila membutuhkan Kepustakaan Ilmiah, saya akan kirimkan melalui japri ke alamat anda),

Saya pernah buat penelitian di kota Manado, dengan sosial ekonomi menengah ke bawah didapatkan 45 % kekurangan zat besi.

Banyak sekali penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan bukan saja kekurangan darah namun menganggu perkembangan otak. Ada peneliti yang mendapatkan bahwa perkembangna otak akibat kekurangan besi bersifat irreversibel.

Saya yakin sekali banyak balita di Indonesia yang sosial ekonominya rendah, yang tidak bisa baca email ini, maupun pengetahuannya kurang menderita kekurangan zat besi yang jelas dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

Zat besi banyak di daging dagingan, banyak susu sudah di tambah zat besi, demikian juga makanan lagi.

Di negara maju usia 9 bulan tetap dilakukan cek apakah ada kekurangan zat besi, bila ada, maka diberi tambahan vitamin yang mengandung zat besi (FERLIN / NUTRILIN)

Saya tidak berani bilang tidak perlu atau tidak penting, namun saya juga tidak menganjurkan karena tidak melakukan pemeriksaan dan anamnesa makanan yang lengkap. Bila yakin makanan / diet cukup mengandung zat besi, lupakan vitamin, kalau tidak cukup,  berikan Ferlin / Nutrilin untuk menghindari gangguan perkembangan otak yang bersifat irreversibel.

MUngkin karena pertimbangan inilah, DSA anda meresepkan Ferlin dan Nutrilin.

Semoga informasi ini membantu.

Tomi.