Anis Matta dan jebakan kepahlawanan itu........

Betapa lega saya lihat sesorang kader pks di kampus ketiika DPP PKS secara resmi mencalonkan AR-Sis sebagai rekomendasi partai. PAda mulanya saya juga tidak begitu yakin bahwa PKS akan memberikan dukungan kepada Wiranto, bahkan seorang rekan aktifis mahasiswa di UI yang tidak diragukan lagi akses "tradisonal"nya ke jajaran DPP PKS sudah jauh-jauh hari memberikan statemen politiknya kepada saya" bahwa potong telinga saya kalo PKS dukung wiranto!" dengan lantang sangkawan itu berujar.

Yang justru membuat sangkawan lega adalah dengan jantannya seorang Ustadz Muda yang memang harus saya akui  memiliki "pengikut" tersendiri di kalangan kader PKS, seorang Sekjen Partai, Seorang Anis MAtta yang mengakui secara fair bahwa ia berada di pihak wiranto selama ini, akan mengikuti secara fair apa pun hasil putusan syuro PKS secara jamaah ini. Dengan diberinya kesempatan berbicara kepada sangsekjen terlihatlah secara gamblang ini demi menenangkan massa di bawah yang selama ini  tidak sedikit benar-benar tsiqah akan hujjah sang ustadz.Mengapa tiba-tiba sorotan media ini kepada Anis? LAntas bila ini di lihat di wilayah kader ada mapa dibalik Ust asal Bone ini?

Jebakan kepahlawanan yang mungkin bisa saya lihat disini. Betapa Anis yang begitu digemari serial singkat kepahlawanannya ini bagi sebagoian besar kader muda PKS melalui majalah dua mingguan tarbawi. Walaupun saya melihat justru Anis masuk ke dalam jubakan kepahlawanan itu sendiri. Bahwa beluai yang betul betul menghargai  bagaimana sesuatu itu memiliki kesempatan menjadi pahlawan, dan dengan sertial kepahlawanan yang ia asuh rutin ini ia sering menemukan bahwa sejarah memberikan tempoat bagi lelaki-lelaki berani membuat perubahan, bahwa siapapun dimungkoinkan membalik dimensi hidupnya danh membuatnya menjadi pahlawan. Bahkan seorang khalid dan Umar sekalipun bisa lah kiranya dinisbahkan. Namun mempersonkan Wiranto sebagai pahlawan disinilah jebakan itu menemukan dirinya dan menangkap justru sangustadz sendiri. Menjebak anis yang benr-benar terharubirukan oleh kepahlawanan, yang mungkin "atas ijtihad p[ribadi" yang ia sampaikan, di dalam alam bawah sadarnya benih benih kepahlawanan yang ia tulis bertahun-tahun di  majalah itu ia anggap menghampiri sang Jendral, yang kebetulasn bernama Wiranto, kebetulan beristri berjilbab, dan  kebetulan punya anak dan menantu Ikhwan akhwat.Serendipity kebetulanm sorang kawan menyebut!

NAmun generalisasi kepahlawnan memang tak selamanya bisa disimpulkan dengan begitu prematur dan atas orang yang masih merasakan sesaknya kehidupan dalam nafas dan dareah yang mengalirt. BAhwa ijtihad pribadi akan ia luluhkan atas ijtihad organisasi adalah sebuah kecerdasan politik Anis yang pantas dihargai jermpol, bila kita lihat parpol lain yang justru menjadi sempalan ketika pendapatnya tak sehaluan dengan partai disnilah sisi moderat Anis yang semestinya ditiru para kader di level gras root, yang terkadang sering pula terjebak dalam dimensi negasi atas kebenaran yang lain dari diri mereka.

WAlau pun di akhirnya ijtihad organisasi memberikan dukugannya pada AR, ini bukanlah memastikan bawa ijtihad ini memang tak rentan masuk kedalam jebakan kepahlawanan kembali. Tetp saja dukung mendukung presiden adalah rumpun ijtihadi, salah benar satu dan benar-benar dua, secara simplifiustik ke pahala-an.

Satu kesimpulan yang mungkin juga harus diperhatikan bagi pola pandang politik ISlam di Indonesia yang dalam sejarahnya kerap masuk ke dal;am jebakan kepahlawanan itu..

MNS
DPK

Termasuk

Ronald P Putra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

alhamdulillah,
telah ada keputusan dan telah jelas apa yg mesti dilakukan, dan
semoga berbagai fitnah dan spekulasi miring yg ada selama ini
terbantahkan sudah...
Kasihan juga beliau, diisukan macam-macam...

wassalaam,
Ronald

buat sanak Harman : banyak cara utk kampanye, setidaknya
kampanye secara persuasif dan DS lebih efektif dibandingkan
dgn kampanye pengerahan massa, PKS telah membuktikannya...

----- Forwarded by Ronald P Putra/JK/DBAsia/DeuBa on 30/06/2004 16:42 -----

[EMAIL PROTECTED]
rospace.com To: [EMAIL PROTECTED]
cc: [EMAIL PROTECTED]
30/06/2004 16:30 Subject: [keadilan4all] Re: Tim Sukses Wiranto Tak Risau
Please respond to PKS Dukung Amin
keadilan4all

Inilah sikap seorang kader. Semasa belum ada keputusan Syuro setiap kader berhak memberikan pendapat dan opini tetapi setelah ada keputusan syuro maka tidak ada keputusan pribadi.

Setidak-tidaknya ini adalah bukti bahwa PKS adalah dinamis tidak dibesarkan dengan sikap taklid seperti fitnah yang telah ditujukan ke PKS dan kader PKS.

Dengan adanya keputusan PKS, semoga pihak-pihak yang telah melakukan fitnah terhadap PKS diharapkan berinstrospeksi. Semoga Allah SWT mengampuni mereka.