Ass,wr,wb.

Dunsanak di palanta RantauNet kasadoalahe nan ambo hormati.

Jalan kalua nan dikatangahkan dek dunsanak kito Mukhlis Hasbi sangaik
simpatik, dan marupokan jalan terbaik dari beberapo jalan nan ado. Angku
Datuak kito nan gadang basa batuah yaitu "Datuak Rajo Bandaro Basa"  tu
ancaknyo memang focus se dulu di jalur parlimen dan untuang2 bisa
manggantikan diplomat2 ulung nan pernah kito punyoi seperti : H.Agus Salim,
Buya Hamka, Bung Hatta dan banyak nan lainnyo dimaso mendatang. Apolagi umua
angku datuak tu masih mudo dan potensi kearah itu memungkinkan.

Sadangkan Angku Datuak nan ciek lai (H.Gumawan Fauzi, SH, MM gala Datuk Rajo
Nan Sati) nan memang berkarir di jalur birokrat dengan menjabat Bupati Solok
salamo duo priode dan terakhir mandapek penghargaan pejabat terbersih dengan
Bung Hatta Anti Corruption Award nyo adolah sosok nan tapek untuak jabatan
Gubernur Sumbar (iko hanyo versi ambo, antah ko nan lain).

Berikut Biodata Calon Gubernur kito tu nan ambo kutip dari website
http://www.solok.go.id/bupati.htm :

Gamawan Fauzi, putra ke 8 dari 15 orang bersaudara pasangan H. Dahlan Saleh
Dt. Bandaro Basa dengan Hj. Syofiah Amin ini lahir di Alahan Panjang tanggal
9 November 1957. Lembaran kehidupan Gamawan cukup unik untuk ukuran zaman
sekarang. Ia di besarkan oleh dua orang ibu dengan 14 orang saudara namun
Gamawan Fauzi tetap saling akur dengan semua saudaranya. Beliau adalah anak
seorang Pegawai Inspeksi Pendidikan Masyarakat ( Depdiknas Sekarang ).
Gamawan kecil ikut berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti perjalanan
tugas orang tuanya, bahkan beliau pernah menetap di Mataram (NTB) tempat
dimana masa kecil Gamawan ditempa.

Delapan tahun di Mataram ayahnya pindah ke Padang tetapi Gamawan
menyelesaikan pendidikan SD dan SMPnya tidak di Padang, melainkan di Alahan
Panjang, karena setelah ayahnya pensiun, beliau membuka toko di Alahan
Panjang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Gamawan kecil ikut membantu
mengurus toko keluarga ini.

Menginjak remaja, Gamawan Fauzi menyelesaikan pendidikannya SMA  nya di
Padang pada tahun 1976. Setamat SMA kemudian Gamawan diterima di Fakultas
Hukum Universitas Andalas Padang dan saat menjadi civitas akademika kampus
Unand, beliau diingat sebagai mahasiswa yang punya citarasa seni dan
keaktifannya dalam berorganisasi, termasuk menjadi anggota resimen
mahasiswa. Sewaktu kuliah di Fakultas Hukum Unand Padang inilah Gamawan
mulai menentukan sikap, paling tidak ia harus menjadi seorang Sarjana Hukum
yang baik. Dengan sikap ini ia tak pernah membayar uang kuliah karena selalu
mendapat bea siswa. Dan dalam kurun waktu 4 tahun 8 bulan, tepatnya pada
tahun 1982 dia dinyatakan lulus dan berhak menyandang predikat sebagai
"Gamawan Fauzi, SH"

Selesai diwisuda Gamawan Fauzi, SH pertamakali bekerja sebagai pegawai
magang di LBH Padang, kemudian ia mengikuti tes di tiga instansi dan
berhasil diterima di Pemda Sumatera Barat. Gamawan kemudian ditempatkan di
Pesisir Selatan dan sebelum menuju Pesisir Selatan ia mengikuti penataran
satu bulan di Padang.

Selesai penataran ternyata kemudian SK nya direvisi dan beliau ditempatkan
di Kantor Dit-Sospol Tk. I Propinsi Sumatera Barat. Setahun kemudian beliau
dipercaya sebagai Kepala Seksi Pengawas orang Asing dan Pengamanan Sosial
Budaya. Pada tahun 1989 pindah menjadi staf ke Biro Humas Pemda Tingkat I
Propinsi Sumatera Barat.

Tahun 1994 ia merangkap jabatan sebagai Kepala Biro Humas dan Sespri Drs.
Hasan Basri Durin, Gubernur Propinsi Sumatera Barat waktu itu. Dan meskipun
usianya masih relatif muda, kinerja beliau yang baik kemudian
mengantarkannya untuk menduduki kursi No. 1 Kabupaten Solok terhitung mulai
tanggal 2 Agustus 1995. Dan pada tahun 2000, beliau kembali dipercaya untuk
memimpin kabupaten Solok sampai sekarang.

B I O D A T A

Nama Lengkap : H. Gamawan Fauzi Dt. Rajo Nan Sati, SH, MM

Tempat dan Tanggal Lahir : Alahan Panjang, 9 November 1957

Alamat   : Jorong Sukarami, Nagari Koto Gaek, Kecamatan Gunung Talang,
Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat

Telepon / Fax : ( 0755 ) 31555 - ( 0755 ) 31346

Agama  : Islam

Hobby   : Membaca dan Olahraga

Ayah     : H. Dahlan Saleh Datuak Bandaro (almarhum)

Ibu        : Hj. Syofiah Amin (75)

Isteri    : Hj. Vita Nova ( Menikah 12 Oktober 1984 )

A n a k  :
1. Idola Prima Gita ( 19 tahun ), mahasiswi
2. Gina Dwi Fachria ( 17 tahun ), pelajar SMA
3. Gian Gufran ( 13 tahun ), pelajar SMP

P E N D I D I K A N

Tingkat                   Nama Pendidikan              Jurusan
Selesai Tahun    Tempat
Dasar                      S D
1970           Alahan Panjang
Menengah Pertama  S M P
1973           Alahan Panjang
Menengah Atas       S M A                               I P S
1976           Padang
Perguruan Tinggi    Fakultas Hukum Unand      Tata Negara         1983
Padang
Pasca Sarjana         Magister Manajemen UNP  Kebijakan Publik  2002
Padang

RIWAYAT JABATAN

Jabatan / Terhitung Mulai Tanggal
Kasi Pengamanan Sos Bud dan Pengawasan Orang Asing Dit. Sos Sumbar, 1
Agustus 1985
Kabag Penerangan dan Pemberitaan pada Biro Humas Setwilda Tk. I Sumbar, 16
Februari 1989 s.d 1 Juli 1993
Wakil Sekretaris Korpri Tk. I Sumbar, 16 Januari 1991 s.d 1 Juli 1993
Kepala Biro Humas Setwilda Tk.I Sumbar, 29 Januari 1994  s.d 2 Agustus 1995
Bupati Solok, 2 Agustus 1995 s.d 1 Agustus 2000
Bupati Solok, 2 Agustus 2000 s.d sekarang

TANDA JASA dan PENGHARGAAN

Nama Tanda Jasa/Penghargaan  / Tahun  /  Instansi Yang Memberi

1. Piagam Penataran mengikuti Penataran P-4 Pola 120 Jam / 1985 / Kepala
BP-7 Dati I Sumbar
2. Piagam Pelaksanaan Teknis Pemilu Daerah Tk.I Sumbar / 1987 / Mendagri
selaku Ketua KPU
3. Piagam Penghargaan menghikuti Penataran P-4 Tingkat Nasional Pola Calon
Penatar /1988 / Kepala BP 7
4. Sertifikat Latihan Praktek Dasar Pelestarian Lingkungan Hidup / 1990 /
Gubenur Sumbar
5. Piagam Penghargaan mengikuti Program Sanggar Kerja Wartawan dan
Pelaksanaan Siaran / 1990 / Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup
6. Piagam Penghargaan mengikuti Forum Komunikasi, Kordinasi dan Konsultasi
Operasi Penerangan / 1992 / Menpen dan Gubenur Lemhanas
7. Trophy Penulis Pidato Terbaik dalam rangka HUT Korpri Tingkat Propinsi /
1992 / Gubenur Sumbar
8. Piagam Penghargaan prospek dan tantangan UU No.5 tahun 1974 terhadap
Pelaksanaan Otonomi / 1994 / Universitas Andalas Padang
9. Penghargaan Pelayanan Prima Satu Pintu Tingkat Nasional / 2001 / Menpen
RI
10.Penghargaan Keberhasilan Bidang Pendidikan Tingkat Nasional 2001
Mendiknas RI
Kepala Daerah Terbaik di Prop. Sumbar bidang Olah Raga / 2003 / Ketua KONI
Sumbar

Sakian informasi tambahan dari ambo, mohon maaf kalau manggaduah.

Wassalam,
HM Dt.MB (48 +)