Oleh: Togap Siagian

Makin banyak perusahaan yang membolehkan para calon karyawan untuk
mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan
baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan
mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka
terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk
mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya.

Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan
lamaran secara cepat. Jika Anda mengirimkan lamaran ke banyak
perusahaan, dengan mudah Anda dapat mengkopi email lamaran Anda
sebelumnya dan menyesuaikannya.

Tentu saja semua tips umum menulis surat lamaran tetap perlu diikuti.

1. Email Account Yang Mana?
Tentu saja sedapat mungkin Anda harus menggunakan email account
pribadi Anda. Alamat email gratis atau berbayar sama saja. Yang
paling pentig, jangan sekali-kali menggunakan alamat email kantor
untuk mengirimkan email lamaran Anda. Selain tidak etis bagi tempat
kerja Anda, ini juga mungkin akan menimbulkan pertanyaan yang tidak
perlu dari perusahaan yang akan menyeleksi lamaran Anda.

2. Judul Email
Judul email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segera
mengetahui maksud dari email Anda. Karena itu tuliskan judul yang
jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, Anda dapat menuliskannya
sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".

Catatan: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali
mereka meminta Anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject
email Anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai
beberapa lowongan pekerjaan.

3. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email
atau di file tersendiri. Menurut teman saya yang bekerja di bidang
recruiting sebuah perusahaan multinational, Anda dapat menuliskan
surat lamaran (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaan
tetap akan menerima surat lamaran Anda dengan baik. Pengalaman saya,
tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya
dituliskan di badan email.

4. Bagaimana dengan Resume?
Jangan menulis resume Anda di badan email. Tuliskan dalam file
tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda.

5. Word, PDF, atau Text?
Biasanya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis
file yang bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word,
terkadang mereka mengijinkan Anda untuk mengirimkan file berformat
pdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume Anda dalam file MS Word
(.doc).

File text (ekstension .txt) lebih baik tidak digunakan karena pada
saat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badan
email. Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web,
seperti Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.

6. Ukuran Email
Usahakan ukuran email Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini
terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach. Karena itu
periksa besar file yang Anda lampirkan. Jika Anda diminta menyertakan
foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar. Perkecil ukuranya
dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.

7. Email Signature
Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh
provider email Anda. Signature ini bisa Anda program sendiri, atau
bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya
signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda.

Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini
secara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail
tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan
lamaran-lamaran saya.

8. Test Kirim
Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof
read, Anda juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan
mengirimkan email lamaran Anda, lengkap dengan attachment-nya ke
email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke
email perusahaan yang Anda tuju. Kirim ke alamat email lain yang Anda
punya. Jika Anda hanya mempunyai satu alamat email, Anda bisa membuat
alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.

Apa pentingnya langkah ini? Sering kali format email yang Anda kirim
berubah setelah sampai di alamat email lain. Saat mengirimkan email
dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email saya berubah dari
satu menjadi dua. Tapi sebaliknya, email yang saya kirim dari Gmail
ke Yahoo! tidak berubah formatnya. Ini alasan kedua saya menggunakan
Gmail untuk mengirimkan lamaran saya. (tmps)