Membaca postingan Sdr. Syarfrinal Syarien, membuat saya ikut berpikir untuk
mencari jawabannya. Karena pengtahuan agama saya yang tidak sampai kesana, saya
minta "jawaban" kepada adik saya "Rahima" yang menurut penilaian saya memiliki
pengetahuan agama (dan 'amal juga tentunya) yang lebih dari saya.

Berikut saya sampaikan  jawaban adik saya "Rahima" mungkin bisa menghilangkan
keraguan kita semua.

Wasaalam

Hanif Hoesin (PANDUKO)
-------------------------------------

Kita semua tahu bahwa ayahanda Nabi bernama Abdullah, yang berarti "Hamba
Allah". Dengan demikian kata "Allah" telah dikenal oleh bangsa Arab (paling
tidak suku Quraisy) jauh sebelum kelahiran Nabi SAW.
==== Benar sekali.

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah kata "Allah" sebelum Islam dibawa Nabi
SAW itu bermakna sama dengan kata "Allah" setelah Islam?
==== Tergantung siapa yang memakai nama itu, kalau para nabiyullah dan ummat
Islam, jelas maknanya adalah Allah.kalau orang kafir, Allahu'alam.

Dari buku Sejarah Nabi karangan Hussein Haekal, tidak saya temukan pembahasan
masalah ini. Ada yang punya referensi lain? Kitab Taurat dan Injil yang
berbahasa Hebrew menyebut Tuhan dengan nama Yahwe. Dan ada juga yang
menamakanNya Jehova (lihat film Indiana Jones: The Last Crusade). Lafaz "Yahwe"
atau "Jehova" ini jauh bunyinya dari lafaz "Allah". Jadi rasanya tidak mungkin
kalau kata "Allah" berasal dari bahasa Hebrew itu. Bibel yang berbahasa Inggris
menyebut Tuhan sebagai "God". Sementara Bibel yang berbahasa Indonesia
menyebutNya dengan kata "Allah" juga, namun dengan lafaz konsonan "L" yang
tipis sehingga kedengaran  spt kata "alah". Menurut info dari teman yang
beragama katolik, Bibel dalam bahasa Arab juga menyebutNya dengan nama "Allah",
tapi tidak tahu apakah dilafazkan dengan "L" yang tebal spt orang Islam.

====== Hmm,..Tuhan, dalam bahasa Arab dinamakan Rabb. Itulah yang disebut oleh
non Muslim, seperti diatas "GOD, Yehwe", bisa jadi bahasa Jepang lain lagi kata
Tuhan itu apa bukan? Sementara "Allah", adalah salah satu nama dari
beberapa nama Asmaullaahi Al Husna. Jadi dua hal yang berbeda. "Allah" adalah
suatu nama, sementara Rabb bukan suatu nama.Rabb ini bisa artinya pemelihara,
pencipta. Rabb, diterjemahkan Tuhan dalam bahasa Indonesianya, God bahasa
Inggrisnya dll.
Asal usul kata Allah ini, sudah pernah saya postingkan sewaktu diskusi masalah
penjelasan Bismillahirrahmaanirrahim (Apakah AlQuran 100% kalamullah), masih
ingat diskusi hangat masalah ini bukan?, saya coba posting ulang balik asal
usul kata Allah ini).

==== Adapun dalam pengucapan "L" bisa diucapkan tebal, kalau kata sebelumnya
baris atas atau dhammah, dan bisa dibaca tipis, kalau kalimat sebelumnya baris
bawah(kasrah).Ok. Ini copyan tulisan yang pernah berlalu.
Wassalamu'alaikum.

(Rahima)

Assalamualaikum.Wr.Wb.
Sebenarnya, untuk lebih gampangnya begini aja: Misalkan sanak wady mengatakan
pada sanak Miko : " hey Miko,.. katakanlah pada manusia lainnya," Pujilah
diriku, karena aku sangat pandai membuat hati orang bangih,dan bisa mambuek
hati manusia tagalak surang, bisa mambueknyo manangih pulo ". Sekarang kita
tanyoan baliak ka sanak wadi tu, " sia
nan mangecean kato-kato itu,..si wadykah,..atau urang lain ? Tantu Wady nan
mangeceannyo.sanak Miko hanyolah panyampaian balako,nan sumbernyo tetap dari
wady. Baitupun dengan Firman Allah " Alhamdu ".Sebenarnya
ado kalimat yang di hadzafkan disinan ( dihilangkan, yaitu : " quuluu ", "
katakanlah wahai manusia ", "
Quuluu Alhamdu " puji-pujian itu hanyalah untuak Allah samato-mato ).
Kalau sajo, bukan Allah nan mangatoannyo, berarti Al Qur'an itu bukan
kalamullah.Tetapi memang karena Allah yang mengatakannya,dan memuji
diriNya,maka benarlah Al Qur'an itu kalamullah. Mengenai tanyo sanak Marven (
sabananyo ambo manunggu jawek dari sanak Ridha , tapi alah di tunggu indak juo
muncua, bialah ambo nan manjaweknyo ).
Sabab turun Ayat.:sabalumnyo paralu kito ketahui bahwasanyo Al Fatihah ini
punya banyak nama, tapi nan termashur ado tigo. Pertama Ummul kitab, nan kaduo,
Faatihah, nan katigo, sab'ulmatsaani.Dan masih banyak nan lain.
Sebab turun ayat " Bismillahirrahmaanirrahiim ". ( ingat, dikatakan sebab turun
ayat, bukan berarti dikarenakan sebab kejadian itu, maka turunlah ayat
tersebut, karena Al Qur'an sudah ada di lauh mahfudz sebelumnya, tetapi yang
dimaksudkan adalah, kondisi ayat-ayat tersebut bersesuaian dengan ayat yang
disebutkan ).
Orang-orang Quraish sebelum kebangkitan rasulullah SAW, apabila menulis surat
di awal kalimat dengan menulis " Dengan nama engkau ya Allah = Bismika
Allahumma ".
Orang yang pertama sekali menulis hal tersebut adalah " Ummiyah bin Abi Shalat
", sampai datang Islam,dan
turun ayat " Bismillahirrahmaanirrahiim ".
Di riwayatkan dari Muhammad bin Sa'ad di dalam bukunya " Attabaqaat ",
Rasulullah SAW menulis diawal surat,sebagaimana orang Quraish menulisnya yaitu
" Bismika Allahumma ".sampai turun ayat Firman Allah " Waqoolarkabuu fiihaa,
bismillahi majreehaa wamursaahaa".
Maka Rasulpun menulis " Bismillah ". kemudian turun lagi ayat : " Qulid'ullaah,
 awidurrahmaan ", maka beliau menulis "
Bismillahirrahmaan ".Kemudian turun lagi sesudah itu ayat : Innahu
minsulaiimaani, wainnahu " bismillahirrahmaanirrahiim ".maka di tuliskan "
Bismillahirrahmaanirrahiim ". Kata " Bismi, "( dengan nama ) Al Baa yang
berarti " dengan ", sebenarnya tambahan sebagai " isti'anah ", atau ilshaaq ",(
sebagai membantu, atau memudahkan.).
Kata " Ismi ", berasal dari akar kata " Assamu " yang berarti " ketinggian ".
Sementara orang kufi mengatakan berasal dari "
Assammah "yang berarti " sebagai tanda ", jadi nama itu sebagai tanda pengenal
seseorang. Namun kedua-duanya benar.Dan sebelum kata " Bismi " ini ada kata
yang di hilangkan yaitu " Iqra = bacalah " " Bismi == " " Allah " Arrahmaan "
Arrahiim "
Jadi bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu, yang maha pengasih lagi maha
penyayang.

Kata " Allah ",berasal dari akar kata " ilahu",atau " laahu ".Ditambah dengan
alif lam, untuk " keangungan "Allah SWT. Dan kata Allah ini hanya bisa dipakai
untuk yang disembah.Dan hanya Allah yang satu yang wajib disembah, tidak ada
yang lainnya. Kata Allah ini, tidak bisa di otak-atik,seperti nama Allah yang
lainnya, seperti " Al ghaffur ", berasal dari kata " Gha fa ra ", isim fa'ilnya
( subjeknya ) " Ghaafir " " Ghafuur ". Atau nama Allah Rahiim.Berasal dari akar
kata " ra.ha.ma ".masih bisa diutak-atik, dari Rahima, yarhamu, rahmah,
raahiim, almarhuum dan seterusnya. " Arrahmaan ", juga berasal dari kata : "
Ra-ha-ma ".
Apa beda keduanya, kalau berasal dari akar kata yang sama ?
Para ulama menafsirkan bahwa : " Arrahmaan ", berasal dari timbangan " fa'laan
", yang berarti Mubalaaghah (sesuatu yang sangat berlebih sifatnya dan sangat
urgensi ".Seperti " Atsaan ", ( sangat haus sekali ).Ana atsaan jiddan ( saya
sangat-sangat haus sekali).
" Arrahiim " pun begitu, menunjukkan sifat mubaalaghah, senantiasa bersifat
penyayang.Oleh sebab itu kedua kata itu saling berkaitan satu sama lainnya.
Dikatakan bahwa " Arrahmaan ", umum rahmat Allah itu buat semua makhluk, kafir
ataupun muslim.Sementara " Arrahim ", khusus untuk kaum muslimin saja. Namun
pendapat ini tidak ada dalilnya sama sekali.
Sebahagian berpendapat seperti Ibnu Al Qayyim mengatakan bahwa : " Arrahmaan ",
menunjukkan sifat yang hanya punya Allah ta'ala dan disandarkan hanya khusus
untuk Allah semata, sementara kata " Arrahim ", ( orang yang menyayangi ) sifat
yang ada kaitannya dengan almarhuum ( yang disayangi ) seolah-olah yang pertama
adalah sifat, yang kedua adalah perbuatan. Salah satu contoh : "
Kaanabilmukminiina rahiima " ( Allah bersama orang mukmin sangat lah
penyayangnya
)kata lain " Bilmukminiina rauufurrahiim " ( dengan orang mukmin Allah itu
sangat lembut dan sangat
penyayang ). Tidak pernah datang kata yang bila disandarkan, atau digandengkan
pada makhluk dengan kalimat " Arrahmaan
".( silahkan perhatikan firman-firman Allah ). Jadi Arrahman ini khusus berdiri
sendiri hanya untuk Allah semata.Makanya tidak dibolehkan memberi nama dengan "
Arrahman saja ", harus pakai dengan " Abdurrahman " ( hamba Allah yang pengasih
).

Ini hanya sekilas saja kandungan dari kata : Bismillahirrahmaanirrahiim ", yang
selalu kita baca setiap mulai pekerjaan yang baik itu. ( maraji' : Tafsir Al
munir oleh imam Adzhabi Adzhuhaili, dan tafsir Al Ahkam,oleh imam Asyais,
mu'jamul mufahras untuk mencari ayat-ayat Al Qur'an ) Wassalam.Rahima.

--- "M. Ismet Ismail" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ambo raso apo yang ditarangkan Rahima sudah cukuik
> bagi ambo sabagai jawaban
> terhadap pertanyaan si Af.
> Jadi kalau ka dikaji baliak jawaban Rahima, ambo
> raso alah dapek disabuik
> sabagai "debat kusir" sahinggo indak putuih-putuih,
> habih hari dek itu ka
> itu sajo, banyak yang lain yang bisa ka dikaji.

> Ada yang punya referensi atau pengetahuan mengenai
> hal
> ini? Mohon dibagi infonya.
>
> Wassalam.
>

> --- Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam bersabda (yang artinya):
"Sesungguhnya nama–nama kamu yang paling dicintai
Allah ialah Abdullah dan Abdurrahman" (HR. Muslim)

Sponsored Link

Mortgage rates near 39yr lows.
$310k for $999/mo. Calculate new payment!
www.LowerMyBills.com/lre

Sponsored Link

Mortgage rates near 39yr lows.
$420k for $1,399/mo. Calculate new payment!
www.LowerMyBills.com/lre