Kalau ujung2 dari tujuan menggalakan pariwisata ini adalah sebuah
komesialitas, maka kita sangat perlu mengamati kecendrungan
kapitalisasi yg ada saat ini. krn sudah barang tentu kita tdk akan
mungkin membangun sebuah pulau ekonomi tersediri di tengah dunia datar
skrg.

Implikasi utama dari globalisasi fase 2 (berbondong2nya
kapital/company membebaskan diri dari state/negara), adalah freetrade.
dg free trade, pasar sedang berdendang menuju kesempurnaan perdagangan
(barang dan jasa). hanya yg benar2 maksimal saja yg bisa bertahan
diantara kutub2 supply dan demand. makanya muncul kecendrungan
offshore dan outsource. agar segala sesuatui menjadi maksimal dalam
skala ekonomi. krn yg tdk maksimal ga akan survive.

saya bukan mau menjadi pesimis dalam hal ini. aka tetapi lebih pada
meminta pencerahan, bagaimanakah kita selama ini melihat kondisi ini
dalam kaitan penggalakan kepariwisataan kita ini? apalagi jika saya
pahami secara sederhana 3 poin yg disebutkan di bawah, sama sekali
semuanya menunjukan kelemahan dan bukan merupakan dasar kompetensi.
Sementara seluruh pelaku2 ekonomi menggerakan sektor nilai mereka ke
wilayah2 yg telah punya basis komptentsi yg memadai sehingga gampang
menjadi maksimal. sebab dunia sama sekali tak akan memberi kita
tenggat waktu utk berbenah. sementara itu, kita masih bicara pada
dasar2 prakonidisi yg belum terpenuhi. bahkan saya berfikir dengan
sederhananya, tidakah lebih mudah bagi kita menjadi daerah yg
menyediakan tenaga2 pengedit tulisan utk wilayah jakarta atau menjadi
penyuplai sayur mayur utk daerah sekitar? (ini semata2 hanya contoh
dramatis saja).

mohon masukan...

--- In [EMAIL PROTECTED], Ronal Chandra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum Dunsanak Sadonyo,
>
> Hari iko ambo baru sajo mengirimkan file executive summary dan
starting points tentang pariwisata Sumatra Barat kepada Ayah
Saafroedin Bahar untuk dipelajari dan disempurnakan.Insya allah
setelah dibaca dan disempurnakan oleh beliau akan dikirim melalui
email kepada dunsanak semuanya sebagai materi awal tentang pariwisata
sumbar.

> Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya MAPPAS ini ide gila
sekaligus tantangan, saya berani katakan bahwa apabila industri
pariwisata di Sumatra Barat sanggup untuk hidup dan berkembang dengan
baik maka saat itu telah terjadi peralihan pola berpikir masyarakat
kearah yang lebih baik.

> Berdasarkan matrix pariwisata yang saya lakukan dari berbagai email
dimilis hasilnya adalah :

> 1.    50% mengatakan bahwa masalah pariwisata kita terletak pada
Sosial Kultural masyarakatnya itu sendiri, hal ini bisa diamati dari
kepedulian yang rendah dan proteksi masyarakat itu sendiri terhadap
pariwisata, pelayanan yang buruk. Hal ini juga diperparah oleh
kurangnya koordinasi disektor pariwisata itu sendiri.

> 2. 30% Mengatakan kurangnya sarana dan prasarana penunjang disektor
ini. Hal ini menyebabkan wisatawan yang datang ke sumbar tidak sanggup
membawa image pariwisata ke rekan dan wisatawan lainnya (selling
pointsnya tidak ditunjang fasilitas yang memadai). Terbatasnya sarana
 akomodasi level international dan sarananya lainnya dapat dilihat
jelas pada arsip2 tulisan padang ekpress.

> 3. 20% Mengatakan kurangnya program yang berkesinambungan dan tidak
terstrukturnya kegiatan2 pariwisata di Sumbar. Hal ini menyebabkan
wisatawan yang datang ke sumbar sering kali tidak mengetahui berbagai
kegiatan yang diadakan.

> Dalam beberapa hal saya melihat banyak sekali potensi masalah
disektor ini tapi tentunya mesti ada jalan keluar yang bisa dilakukan
oleh semua pihak jika
> mau ikut serta terlibat dalam menyelesaikan masalah ini.
>
> Sekali lagi saya katakan, seandainya 10% saja dari total perantau
Minang yang 12 juta orang dan tersebar diseluruh dunia mau jadi
perpanjangan tangan MAPPAS saya yakin kita sanggup memaksa dan
mendorong pemerintah daerah untuk lebih aktif melihat peluang2
pariwisata ini.