Dear Fellows,
Saya hanya ingin menyampaikan pendapat saya tentang terbentuknya bermacama
macam
organisasi pelaut di Indonesia.
     Pada dasarnya kita mempunyai sifat bersosialisasi sesamanya, atas dasar
itulah maka terb entuknya organisasi/persatuan/Serikat Tolong Menolong ( STM ).
Indonesia dibangun dari keberagaman suku, ras dan warna kulit. Jong celebes,
Jong Batak, Jong ambon,Jong Java dll berkumpul untuk menggalang persatuan dan
kesatuan. Dari persatuan/perkumpulan kecil tsb maka terbentuk satu kekuatan
sebagai dasar terbentuknya ORGANISASI YANG BESAR.dari terpecah pecah
terbentuklah satu kumpulan yang kuat. Seperti Lidi tdk dapat berfungsi maksimal
kalau digunakan satu batang saja, dgn terkumpulnya lidi2 tsb maka dapat
digunakan. SAPU namanya.
   Mari kita lihat KEBERAGAMAN itu satu hal yang indah, bagai pelangi yang
terbentuk dari beberapa warna. Indah dan takjub kita melihatnya. Coba kita
lakukan hal seperti itu... Ada Pelaut Toraja, Pelaut Jawa, Pelaut Batak, atau
pelaut Bugis atau organisasi kecil lain membentuk satu kekuatan yang
kokoh...Antara yang satu dengan yang lain saling menutupi kelemahan , sdaling
mendukung...bukan saling menjatuhkan....
Saya maklum...ada diantara rakyat dan bangsa Indonesia telah terpola olah
Penjajah Belanda yang selalu memecah belah bangsa Indonesia. Bangsa Ini telah
350 thn di"pola:" kan oleh Si Belanda...

Mari kita buang sikap seperti itu juga sikap EGO yang ada dalam diri kita demi
terciptanya ORGANISASI PELAUT kita YANG KUAT DAN KOKOH.
Tidak ada salahnya beberapa pelaut membentuk organisasi organisasi kecil
seperti
Pelaut Toraja, Pelaut Jawa atau Pelaut Batak. Dari yang kecil tersebut akan
dibangun organisasi pelaut yang besar kuat dan kokoh ( Mudah2an....)
"ENYAH kan EGO GALANG PERSATUAN"
JAYALAH PELAUT INDONESIA
Hormat saya
Budiman Siregar