Dear Rekans,
Adalah cita2 saya juga untuk punya kapal dan pemiliknya adalah crew itu
sendiri. Kalau nggak salah alumni PIP Makasar ada yg sdh berhasil. Lupa
angkatan berapa.Jika anda mau usaha sebaiknya usaha saja sendiri, jangan
melibatkan orang lain. Kalau sdh mau didarat ya apapun cobaannya harus teguh
pada rencana semula.Usaha hasilnya tidak akan terlihat dalam semalam. Kalau
memang ada usaha seperti itu justru kita harus hati hati.Saya sudah usaha
jualan ikan asin, modalin sdr yg ngambil ikan asin di Tuban dll. Maksudnya
kalau sudah jalan kan bisa ikutan usaha. Eh dia sudah jalan, modal dikembalikan
dan saya tetap harus ke laut lagi.Usaha kredit barang juga sudah pernah.
Ternyata banyak yang sebetulnya perlu uang bukan barang. Jadi barangnya dijual
kembali dan mereka dpt cash. syukur kalau mau bayar/nyicil sesuai kesepakatan.
Eh ditagihnya susah. Yang punya hutang galaknya kaya kita aja yang berhutang
sama dia. Gawat deh.
Yang paling aman memang properti. Hanya saja tidak liquid alias kalau kita
butuh uang hari ini nggak bisa langsung bisa dijual hari ini.Banyak orang
pintar menyarankan kalau punya anak 4 harus punya minimal 4 properti. Jadi
katakanlah rumah atau tanah 4 buah. Tentunya bukan yg 4 @ 1x2m (Kecuali WC umum
yg banyak menghasilkan).
Melihat gaya Pelaut yg lagi banyak uang memang ingin juga jadi semacam Manager
Pelaut (Kaya Manager Artis). Tapi Financial Planner kan banyak, kenapa
repot2.Mereka yg pintar dan merasa butuh kendaraan, selama cuti beli mobil
seribu umat. Selesai cuti dijual lagi dgn harga yg sama (atau malah untung)
daripada ditinggal dirumah dan dipinjam tetangga. Mau nolak kagok. Kebutuhan
nyonya akan mobil juga belon butuh2 amat.
Sekarang begini aza deh. Kalau berbicara usaha bersama, daripada nunggu teman2
utk kumpul dan bersepakat bikin PT OGAH RUGI. Jalankan saja usaha keagenan
kapal yg ijinnya sudah saya miliki.
Soal pembagian keuntungan dll bisa diatur.
Tapi yg cocok utk persiapan pensiun dan sesuai dgn profesi masing2 yaitu usaha
surveyor. Yg minat tinggal cari qualifikasi surveyor dan bisa jadi surveyor
"freelance" (kebanyakan begitu). Tinggal kita punya bendera sendiri kalau mau
usaha dikelola sendiri.
Sekian dulu sharing pagi ini. Tetap semangat. Kita diberikan kebebasan untuk
berpendapat. Kita akan selalu menghargai pendapat orang lain. Tetapi sebaiknya
kita berikan pendapat dan/atau jalan keluar yang membangun.Kalau cuma asal cuap
sayang deh energi yang dibuang, kan kita sekarang katanya harus hemat energi.
salam dari Klender