Gyro Error dicari juga justru sesuai penjelasan anda akan adanya kesalahan2
no.1-4. caranya sama; dengan kalkulasi dan dengan pembanding objek benda2
angkasa atau posisi fix di darat (Leading lights, etc) kemudian yg dibaring
dengan gyro repeater (Gyro Bearing) bila ada perbedaan dng True Bearing
(kalkulasi) inilah kesalahan Gyro (Gyro Error) lalu G/E disum dengan Gyro
Course didaptkan True Course selanjutnya True Course disum dng Standard Course
(mag.compass) didaptkan Standard Error.

Jadi satu kali membaring dan kalkulasi akan didptkan langsung Gyro Error dan
Standard/Magnetic Error, Deviasi.

agar tdk bingung contoh bagan/scheme nya sbb:

Azimuth (True/Bearing)
Gyro Bearing
---------------------
Gyro Error
Gyro Course
True Course
Standard Course
Standard Error
Var:

Dev:

p/s: ini scheme sy curi liat dari norwegian master waktu cadet, :)