Iya kawan hargai pendapat kawan satu ini, jangan dulu bilang omong kosong. Klo
di teliti lagi ada benar nya juga.
Sent from BlackBerry® on 3

-----Original Message-----
From: Andi Thole <a.thol...@yahoo.com>
Sender: pelaut@yahoogroups.com
Date: Sat, 6 Jul 2013 10:57:13
To: pelaut@yahoogroups.com<pelaut@yahoogroups.com>
Subject: Bls: [pelaut] JJP HariPelautDunia 30 Juni 2013

Hehehe...
Omongan saya ada isinya kok, gak kosong. Ada buktinya dan berdasarkan fakta
yang ada.
Kalaupun komentar, ya saya sebutkan sebagai komentar pribadi.
Kalau mau tahu beritanya/aksinya KPI ya lihat aja di websitenya : kpiunion.org
Lihat juga di Galery fotonya (di web itu), apa-apa yang mereka lakukan.
Tentunya tidak semua bisa dimuat.
Baca juga AD/ARTnya (aturan main).
Barangkali anda yang tidak tahu tentang sistem kerja Seamen's Union, tanpa ada
dasar pengetahuan?
Kalau anda anggota KPI (punya kartu anggota dan bayar iuran rutin), dan anda
tahu aturan mainnya, pasti lain cara pikir anda.
Kalau anda "dulunya" anggota KPI, hanya iuran beberapa bulan saja, terus gak
pernah bayar lagi, terus nuntut macam-macam, itu juga lain lagi......

Intinya.. mari buka wawasan kita tentang tata cara perlindungan pelaut.
Pahami aturan mainnya.
Ingat... Pelaut Indonesia TIDAK OTOMATIS jadi anggota KPI.
Harus daftar dan bayar iuran rutin, seperti halnya Seamen's Union di negara
manapun.
Jadi yang bukan anggota tidak berhak komplain ke KPI.
Jangan hanya koar-koar tanpa dasar ilmu bro......
Ada yang bilang... GRATIS KOK MINTA MACAM-MACAM

Tentang pilihan menjadi anggota SMOU..... Kebanyakan juga terdaftar di sana
karena employernya berkantor di Singapore.
Tapi bayar iuran bulanan juga kan, paling murah (menurut webnya) $9 (setahun
$108).
Itu yang paling basic, yang tentunya benefitnya juga terbatas. Belum
biaya-biaya lainnya.
Kalau gak bayar, mungkin owner anda yang bayarkan, yang sebenarnya juga diambil
dari gaji anda juga, tapi gak kelihatan.
Coba kalau anda daftar dan bayar secara pribadi, trus bulan-bulan berikutnya
gak bayar, paling juga langsung diputus sama union itu, hehehe.....
Pelaut kita banyak yang terdaftar di sana karena rata-rata employer/ownernya
kan domisili dan operasi kantornya di sana.
Logikanya, ngapain mereka daftarkan pelautnya jauh-jauh ke Jakarta, atau ke
Inggris atau ke Filipina.......
Sistemnya kayak di Indonesia lah, perusahaan-perusahaan itu harus terdaftar di
Seamen's Union setempat negara itu, termasuk crew/pelautnya.
Kalau anda ada di Singapore, ya harus ikut aturan mainnya Singapore.
Kalau anda ada di Indonesia, ya harus ikut aturan mainnya Indonesia.

Satu lagi, kalau KPI kita jelek, kok bisa Hanafi Rustandi jadi ketua ITF untuk
region ASIA????
Yang justru ITF itulah sering jadi "penyelamat" pelaut yang tertindas dan kalau
gajinya gak standard/dibayar????
ITF bukan tingkatan nasional, tapi INTERNASIONAL......
Coba anda pikir dan renungkan juga DENGAN LOGIKA brooooo.......

Saya bukan antek KPI, tapi saya suka baca-baca artikel/berita valid yang justru
sering agak berlawanan dengan pendapat umum
yang menurut saya kurang valid/informatif (lebih berifat provokatif).
Saya hanya membantu brother-brother dan sister-sister pelaut Indonesia untuk
lebih membuka wawasan.
Teliti sebelum membeli, telaah sebelum berbicara.....

Di organisasi manapun, selalu ada persaingan untuk jadi Pimpinannya/Presidennya.
Lihat saja Surya Paloh keluar dari Golkar karena tidak terpilih jadi Ketum
Golkar dan bikin partai baru (Nasdem)...
Hary Tanoe keluar dari Nasdem juga karena kalah suara terus join Hanura untuk
jadi Presiden/Wapres....
(Maaf itu hanya gambaran situasi dalam suatu organisasi)

Itu lumrah brooo..... politik