Salam Permias,

Kiranya ada rekan2 permias ada yg bisa bantu saya utk 2 hal:

1.Beberapa waktu lalu ada berita ttg warga tim-tim yg dibakar oleh tentara
australia...
kira2 ada diantara rekan2 permias yg punya artikel/ceritanya dlm versi
english yg legitimate... krn setau saya dikoran2 US / Canada local tidak
ada.

2. Beberapa waktu lalu ada seorg teman saya yg berniat liburan ke negri
belanda. Tapi sewaktu ingin meminta visa, langsung ditolak mentah2 stlh tahu
temen saya itu warganegara Indonesia. walaupun semua persyaratan dan
terlebih tiket return nya sdh ada ditangan temen saya. yg lebih tragis lagi,
ada yg berniat akan menunaikan ibadah haji, tapi sudah di 'kasari' sewaktu
ingin menanyakan segala persyaratan utk menjalan ibadah haji itu, (case nya
sama dgn yg pertama, stlh di tanya kewarga negaraannya..)

apa skrg ini org2 indonesia sdh di 'cekal' oleh beberapa negara. karna
belakangan saya dengar, canada juga sdh mulai dgn aksi yg serupa.

ada yg bisa membantu menjawab pertanyaan saya....
sblmnya terima kasih

salam,
Mirza