From: Budi Haryanto <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Friday, May 05, 2000 00:35
Subject: Possible bias (Re: Hasil survey ...)

Rekan Irwan dan teman-teman lain,

Saya mendukung adanya 'survey' ini. Hanya saja masih ada yang mengganjal
untuk bisa sampai kepada 'reliability' hasil yang diharapkan.
Terutama terhadap dua pertanyaan sensitive:
1. Penulis yang paling digemari, dan
2. Penulis yang paling tidak disukai.

Dengan cara anonim dan setiap saat ditayangkan hasil sementaranya, maka
ada 'bias possibility' yang akan terjadi, terutama terhadap dua
pertanyaan sensitive di atas (bias ini biasa terjadi dalam
'self-reported' survey seperti ini), yaitu:
1. Seseorang bisa saja mengisi kuesioner online ini beberapa kali bahkan
berpuluh kali, apalagi kalau namanya disebut sebagai paling tidak
disukai. Sudah dipikirkankah 'screening' untuk hal ini?
2. Adalah sulit memisahkan antara kesukaan/ketidaksukaan terhadap
orangnya dan tulisannya. Bagaimanapun, sikap dan watak seseorang bisa
tertangkap lewat tulisan-tulisannya. Sebagus apapun tulisannya, kalau
sudah pernah mendapat 'label' kurang baik, tentu akan sangat berpengaruh
terhadap pengisian di kuesioner.
3. Setiap orang punya standard tersendiri dalam menilai suatu tulisan,
bergantung kepada basic interest-nya. Ada yang senang dengan puisi, ada
yang senang dengan politik, dll. Sehingga, tulisan yang diluar bidang
interest-nya akan mendapatkan nilai kurang.

Untuk menghindari terjadinya kemungkinan bias-bias tsb, sebaiknya dua
pertanyaan 'sensitive' tersebut dihilangkan saja. Lagian, saya lihat kok
nggak ada urgensinya untuk 'lesson learned' maupun perbaikan milis
permias itu sendiri.

Selamat berkarya.

Salam,
Budi