Helai-helai Berserakan:

PUISI-PUISI BURUH MIGRAN [1]

Membuka milis [EMAIL PROTECTED] pagi ini, saya dapatkan surat menggembirakan yang
dikirim oleh "raiyabilly" bersubyekkan "Puisi Dari BMI" [lihat:sastra_tki, O5 Juli
2004]. Lengkapnya surat "raiyabilly" berikut salah sebuah puisi tersebut ebagai
berikut:

"Dear kawan-kawan.
Ini saya kirimkan puisi-puisi dari salah satu BMI di Hong Kong.Kebetulan yang
bersangkutan hanya bisa akses internet seminggu sekali, jadi saya hanya bantu mengetik
dan mengirimkan.

Ketiga puisinya belum ada judul, penulisnya minta tolong saya untuk memberi judul,
tapi saya bingung :)), salah satu dari yang 3 udah di bantu oleh salah satu teman lain
untuk memberikan judul, jadi mohon kalau ada yang bersedia membantu untuk memberikan
judul? Ini juga salah satu metoda belajar, bagaimana membuat judul untuk puisi.
Thanks semua sebelumnya.

Peace,
Suraiya

SEBUAH TANYA

Kadang kusapa daun
Tuk sekedar  berucap hayal
Lalu Iapun turun
Tuk sekedar mendengar kisahku
Kudapati guratan ekspresi
Ekspresi yang semakin tak
Ku mengerti

Diatas bongkahan sampah menggunung
Ujarnya hendak mencari mimpi
Menurutku naïf dan hanya ilusi
Ah biar, ucapnya tanpa suara
Terpaku aku di ambang pesona
Kerdil

Sore ini bersama surya aku datang
Namun tak lagi kudapati tubuhnya.
Yang pasti telah menguning
Jiwaku mulai terguncang
Ah hidup

Berajak kudekati pagar
Gontai menghitung butiran tanah
Kemanakah daunku pergi

Aishah Zafri
Mid - level, June 04

Puisi dari BMI 2

Dentum lagu duniawi
Menghanyutkan nafasku malam ini
Helai demi helai
Kutarik, meniupkan mimpi demi mimpi

Kususuri lembar trotoar penuh
Gerlap menipu
Lembar kartu kehidupan kutepiskan
Ingkari kenyataan, ku harus
Dapatkan nur kebenaran

Lelah aku tertelungkup
Diatas bumi ciptaanMu
Harus kuakui Maha daya kuasa Mu
Rabb,
Terus, rangkullah aku dalam cintaMu

Aishah in Ranju saddiq Masjid.

Puisi Dari BMI 3

Aku tersenyum getir
Diantara puing reruntuhan jiwaku
Disana masih kutunggu petir
Yang kuharapkan  menghanguskan ragaku

Kuulas kenangan silam
Dipinggir rajutan mimpi
Pekat malam kian kelam
Dalam dekap selimut khilaf diri

Tersentak diriku oleh bulan sabit
Mengajakku larut dalam wirid
Gemuruh bathinku nak berontak
Ingkari dosa berpetak petak

Pekik panjangku bangunkan malam
Ratapku buai kepekatan
Kutersungkur di atas hamparan
Nikmat hidayah dariMu Tuhan

Aishah Zakrie
Mid levels, June 04

Surat Raiyabilly dengan memunculkan tiga puisi yang ditulis oleh Aishah Zakrie ini
saya katakan   sebagai "menggembirakan" pertama-tama karena puisi-puisi di atas,
ditulis oleh buruh migran alias TKW sendiri. Dengan demikian di kalangan TKW/TKI telah
muncul lagi sebuah nama baru lagi yang mulai menulis di samping deretan nama-nama lama
seperti Mega Vristian, Dewi Lestari, Kayung, dan lain-lain...

Menulis, entah dalam bentuk apa saja, baik berbentuk puisi, esai, reportase, cerpen,
prosa lirik, roman, novel bisa digolongkan sebagai salah satu bentuk kerja otak [kalau
kita menyetujui adanya dua macam kerja: kerja fisik dan kerja otak]. Tentu saja dua
jenis kerja ini berbeda sifatnya dan yang oleh sementara isme tertentu ada kehendak
untuk menghapuskan perbedaan ini sejalan dengan kehendak menghapuskan perbedaan antara
kota dan desa serta perbedaan tajam strata dalam masyarakat.

Kerja otak yang berbeda sifatnya dengan kerja fisik atau kerja badan, kedua-duanya
diperlukan dalam kehidupan dan masing-masing mempunyai peranan dalam mendorong maju
perkembangan masyarakat. Sulit dibayangkan adanya masyarakat dan kehidupan tanpa
kegiatan dua jenis pekerjaan ini. Tentang pentingnya kerja badan misalnya disebut oleh
sementara sarjana dalam kata-kata "kerja melahirkan manusia". Barangkali dari segi
inilah maka kedua jenis kerja ini dipandang mulia, dan bahwa kerja badan atau fisik
bukanlah sesuatu yang hina sehingga sungguh merupakan kekeliruan memandang TKW/TKI
dengan sebelah mata. Kerja fisik murni sebenarnya boleh dikatakan tidak ada karena
betapapun juga, dalam pekerjaan fisik, lepas dari tingkat intensitasnya, diperlukan
kerja otak karena manusia bukan robot dan alat mati.Penghapusan perbedaan antara kedua
jenis kerja ini, besar kecil jarak  antara kedua jenis kerja ini,  barangkali
menunjukkan tingkat kebudayaan seseorang, memberitahukan taraf pembudayaan diri anak
manusia, sekaligus tingkat perkembangan pemanusiawian masyarakat pada suatu tingkat
sejarah atau zaman tertentu.

Mengikuti alur pikiran ini maka tumbuh berkembangnya kehidupan sastra-seni di kalangan
TKI/TKW akan turut mengobah citra TKI/TKW dari kesuraman seperti yang menjadi
kebanyakan berita selama ini ke warna baru yang cerah selain memang bisa dijadikan
indikasi perkembangan maju tertentu di kalangan TKW/TKI. Dari segi sastra-seni itu
sendiri, jika karya-karya yang diciptakan oleh para TKW/TKI berkembang maka
karya-karya ini memperkaya khazanah sastra-seni negeri ini sendiri. Karya-karya yang
diciptakan oleh para TKW/TKI, saya golongkan sebagai "karya-karya TKW/TKI murni"
sedangkan yang ditulis oleh pihak lain tentang TKW/TKI , saya sebut "karya-karya
tentang TKW/TKI". Jadi dalam pengertian "sastra-seni TKI" terdapat dua jenis karya
demikian.

Sastra-seni jenis ini, sekarang masih terlalu awal dan masih sangat jauh untuk bisa
dikategorikan sebagai satu jenis sastra-seni tersendiri dan terbentuk. Tapi sangat
jauh tidak berarti tidak mungkin. Masalah sekarang yang lebih perlu, barangkali
bagaimana mendorong para TKW/TKI menulis tentang kehidupan mereka tanpa usah
membayangkan adanya jenis sastra-seni khusus bakal muncul. Jika para TKW/TKI makin
banyak yang menulis maka kita akan mendengar langsung apa bagaimana kehidupan mereka
tanpa melalui perantara pihak ketiga atau kedua yang sering dibumbui dengan tafsiran
dan kadang terkurangi atau dilebih-lebihkan sehingga yang sejengkal bisa sehasta, yang
sehasta jadi sedepa. Mungkinkah kegiatan penulisan dan penciptaan ini
ditumbuhkembangkan di kalangan TKW/TKI?

[Bersambung...]

Yahoo! Domains - Claim yours for only $14.70
http://us.click.yahoo.com/Z1wmxD/DREIAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.arsip.da.ru