  From: huttaqi
  Sent: Thursday, September 30, 2004 7:55 AM
  Subject: [ppiindia] Pertemuan Sastrawan Nusantara ke XIII [2] (PSN)

  Langsung dari Lokasi [2]

  Di koran ada disebutkan begini...

  Jawa Pos, Selasa, 28 Sept 2004
  PSN ibarat Energi Baru Sastrawan
  Hari Ini Seminar di Graha Pena
  SURABAYA --Budayawan Taufiq Ismail menilai momen perhelatan Pertemuan Sastrawan
Nusantara (PSN) XIII di Surabaya, 27-30 September ini ibarat charge dengan dinamo yang
besar bagi para sastrawan. Banyak persoalan yang mesti dipecahkan di even kesusastraan
tingkat Asia Tenggara itu.

  Salah satu persoalan yang perlu dicarikan jalan keluarnya adalah lalu lintas
buku-buku sastra yang selama ini belum lancar. "Saya memimpikan ke depan hendaknya
karya-karta sastra yang ditelurkan para sastrawan di Malaysia, Singapura, serta Brunai
Darussalam dan negara lain akan dengan mudah didapatkan toko-toko buku di Indonesia.
"Itu belum terjadi di saat sekarang ini," ujarnya dalam sambutan pembukaan PSN XIII di
Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Jawa Timur, tadi malam.

  PSN dibuka Gubernur Jatim Imam Utomo. Sekitar 200 peserta PSN yang datang dari
Malaysia, Singapura, Brunei, dan berbagai daerah di Indonesia hadir dalam acara
tersebut. Ikut menyambut pula Sekretaris Majelis PSN Prof Madya Tan Sri Ismail Hussein
dari Malaysia.

  "Dalam PSN XIII kali ini, 23 pemakalah dari negara serumpun, sudah siap untuk
memberikan materinya," kata M. Shoim Anwar. Seminar itu akan dilaksanakan hari ini
(28/9) dan besok (29/9) di Graha Pena Jawa Pos, lt 3. Sedangkan pada penutupan (30/9)
peserta akan diajak berwisata budaya, di antaranya dengan mengunjungi makam-makam wali
sanga yang ada di Jatim, serta situs-situs kerajaan.

  Peresmian PSN XIII ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubrnur Jatim Imam Utomo
didampingi Taufiq Ismail dan Prof Madya Tan Sri Ismail Hussein. Prosesi pembukaan
dimulai dengan sajian Tarian Zafin oleh Raff Dance Company. Sekitar 20 penari muncul
di atas panggung dengan gaya penari kecak, kemudian secara serempak mengucapkan
"Pertemuan Sastrawan Nuswantoro". Selain tarian, acara diramaikan dengan pembacaan
puisi sejumlah penyair Indonesia, serta musikalisasi puisi oleh Sanggar Remaja Bali.
(dos/ali)

  Hari ini dimulai pertemuan Sastrawan Nusantara yang ke 13 di Gedung Graha Pena
Lantai 3 di Surabaya Jawa timur,
  Saya datang sekitar jam 9 pagi, dengan nomer urut absensi 59, Edi Setiawan.

  Didalam ruangan tampak sudan banyak yang hadir, saya memilih duduk di sebelah
seorang cewek yang cantik (dulunya he..he..) sekitar usia 60 tahun lebih.
  Saya tanya,"ibu dari mana?" "saya dari Singapore" katanya, "wah saya punya sahabat
baik di Singapore. Nama beliau Haji Johar Buang"
  "O iya..saya kenal beliau", katanya, kemudian saya melanjutkan,"Iya kalau beliau
adalah pemenang penyair di Singapore tahun 1998. Kemaren baru saja kita mengadakan
kolaborasi menerbitkan buku "Cinta Pohon tamar" dengan beliau itu, Haji Johar
Buang"..tampak ia mengangguk-anggukan kepala sambil tersenyum kemudian ia mengeluarkan
kartu namanya, Nama beliau "Chan Maw Woh".

  Sunggu komunitas yang menarik di antara mereka, ada yang iseng lagi asyik menggambar
teman di sebelahnya...maklumlah seniman,
  ada yang berambut gondrong pakai kopiah, ada cukup banyak yang pakai topi dan salah
satunya berambut gondrong.

  Saya sama sekali belum kenal dengan mereka semua, sebab memang baru sekali inilah
saya mengikuti pertemuan Sastrawan Nusantara ini.
  Tetapi sekarang tahulah saya, bahwa yang dimaksud sastrawan Nusantara adalah
sastrawan Melayu, dan merupakan kumpulan sastrawan2 dari 4 negara, Indonesia, Brunei
Daursalam, Malaysia, dan  Singapore. Mreka -mereka yang memakai rumpun bahasa Melayu
inilah yang mengadakan pertemuan sastrawan ini.

  Aku lihat mayoritas memang adalah orang yang sudah tua-tua, dan sedikit sekali yang
muda...
  atau mungkin justru sebenarnya tidak ada yang tua ya?
  sebab semua merasa masih muda?
  he..he..he.

  Pembukaan awal Pertemuan ini, yang formatnya adalah seminar, di awali wakil dari
Jawa Pos, yang mestinya Dahlan Iskan tetapi beliau tidak bisa hadir.
  Kemudian sedikit pengantar dari Dr Setya Yuwana dari DKS Jatim, dan dilanjutkan dari
Prof.Tan Sri Dato' Ismail Hussein (Sekjen PSN)

  Kemudian dilanjutkan dengan materi-materi yang akan disampaikan oleh Jamal Tukimin
(Singapore), Dr. Ampuan Hj Brahim (Brunei Darusalam) dan Ahmadun Yosi Herfanda
(Jakarta), inilah yang menjadikan menarik....

  Jamal Tukimin dari Singapore menyampaikan makalahnya yang berjudul "Tradisi
Nusantara dalam Sastera Singapura...

  bersambung..

  salam
  huttaq