Menurut saya sih, tidak juga harus dihentikan
perdebatan ini selama tidak melanggar tatib milis ini.
Ntar juga hilang sendiri kok!

Bicara soal hidup memang pelik. Kita ini seperti
melihat dunia dengan mata cacing kita.

Apa yang dinamakan fakta itupun penyebabnya bisa
direkayasa. Analoginya sama seperti polisi kalau ingin
menangkap si tersangka, maka direkayasalah alibi dan
bukti. Semua bisa diatur.
Semua kembali kepada moral manusia. "Sebaiknya kita
memperbaiki moral diri kita sendiri dulu, mulai hari
ini". Gitu kata AA Gym.

Manusia bisa menggunakan 'apa' saja (termasuk agama,
selain suku, ras, ekonomi, perdamaian, HAM bahkan
tuhan) sebagai alasan kebijakan tindakan mereka. Jadi,
gak usah pusing dengan segala alasan. Yang perlu
dipusingin adalah mencari tau sebenarnya mengapa
mereka mau melakukan hal2 demikian. Kesenjangan sosial
kah? Kesenjangan ekonomi kah? Kesenjangan pendidikan
kah?. Nah disitu yang perlu diberesin oleh negara ini.
Negara ngurusin hal2 itu, kita ngurusin moral kita
sendiri aja.

Tapi...apa bisa ya...negara ini mengurus hal2
demikian? Wong DPRnya aja gak bisa ngurus dirinya
sendiri. ya wis toh, kita urus diri kita sendiri aja
biar moralnya baik, smoga kita melahirkan generasi
yang bermoral. Makanya ikut Gema Nusa...:-)

Wasalam,
--- "Rahadian P. Paramita" <[EMAIL PROTECTED]>

Check out the new Yahoo! Front Page.
www.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/BRUplB/TM